PEKANBARU - Fraksi Demokrat DPRD Riau menyatakan dukungan kepada Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan menegaskan penolakan terhadap Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat yang menunjuk Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat.

Deklarasi tersebut dilaksanakan di ruang fraksi Demokrat DPRD Riau, Senin (8/3/2021) yang dipimpin langsung oleh Ketua Fraksi Demokrat, Agung Nugroho. Sebelum menyampaikan pernyataan sikap, para anggota menyebutkan namanya dan Dapilnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Agung Nugroho dari Dapil Pekanbaru, Eva Yuliana dari Dapil Kampar, Kelmi Amri dari Rokan Hulu, Manahara Napitupulu dari Dapil Kuansing-Inhu, Zulkifli Indra dari Dapil Rokan Hilir, Tumpal Hutabarat dari Dapil Siak-Pelalawan, Agus Triansyah dari Dapil Inhil, dan Eddy Moh Yatim dari Dapil Dumai-Meranti-Bengkalis.

Demokrat sendiri memiliki 9 kursi di DPRD Riau, artinya masih ada satu anggota lagi yang tidak hadir. Anggota tersebut adalah Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Syahroni Tua.

Kepada GoRiau.com, Syahroni membenarkan bahwa dirinya tidak hadir dalam deklarasi tersebut, dikarenakan dia sedang dalam keadaan tidak sehat sejak satu minggu belakangan, sehingga dia berhalangan hadir.

"Saya gak bisa ikut acara, tapi saya mendukung penuh dan hanya mengakui AHY sebagai Ketum yang sah secara hukum dan konstitusional. KLB yang dilakukan di Sibolangit jumat lalu tidak memenuhi persyaratan pelaksanaan KLB sesuai AD/ART Partai Demokrat tahun 2020," tegasnya, Selasa (9/3/2021).

Adapun dalam deklarasi tersebut, Fraksi Demokrat menyatakan menolak KLB yang dilaksanakan di Sibolangit, Sumatera Utara jumat lalu.

"Kami fraksi Demokrat DPRD Riau menolak hasil KLB tersebut. Saya pastikan tidak ada kader aktif di fraksi Demokrat yang menghadiri KLB di Sibolangit. Kami dengan tegas menyatakan saat ini dan seterusnya ketua Demokrat ada AHY, Masyarakat, pendukung, dan simpatisan se-Provinsi Riau sangat menginginkan Demokrat dipimpin AHY, " kata Agung.

Agung berharap dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan AHY untuk dapat mempertahankan kepemimpinannya.

"Kami meminta doa agar pemimpin yang sah, AHY dan pengurus DPP diberi kekuatan untuk melawan rencana tidak baik yang kita saksikan secara terang benderang, Kami meminta dukungan agar partai Demokrat dapat diberikan amanah konsisten menyuarakan kepentingan masyarakat di atas segalanya," tutup Agung. ***