PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus mengumumkan Kota Pekanbaru saat ini telah memasuki zona kuning dengan rasio penularan dibawah angka 1. Bahkan, apabila dalam dua minggu kedepan nihil penambahan kasus Covid-19, Kota Pekanbaru bisa kembali berstatus zona hijau.

"Alhamdulillah kita sekarang berstatus zona kuning, pasien positif Covid-19 yang masih dirawat tinggal 9 orang dan rasio penularan kita 0,8. Kalau dua minggu kedepan tidak ada lagi yang dirawat, kita bisa masuk zona hijau," ujarnya, Selasa (7/7/2020).

Oleh karena itu, Firdaus meminta agar masyarakat tetap waspada dan bersikap jujur jika mengalami gejala-gejala seperti Covid-19 dan segera memeriksakan dirinya ke tempat layanan kesehatan atau rumah sakit. Sehingga, penanganan dapat segera dilakukan dan penularan semaksimal mungkin dapat ditekan.

"Masyarakat harus jujur dan segera memeriksakan dirinya jika sakit. Kejujuran kita ini dapat menyelamatkan keluarga kita, sahabat-sahabat dan orang lain," jelasnya.

Ia pun menyinggung kasus penularan Covid-19 dari Klaster BRI KCP Sudirman dan Klaster Palembang beberapa waktu lalu, sebagai contoh dari ketidakjujuran pasien Covid-19. Dimana pasien pertama dari Klaster BRI KCP Sudirman justru bepergian keluar kota saat seharusnya melakukan isolasi mandiri dan pasien pertama dari Klaster Palembang enggan segera memeriksakan dirinya hingga sudah cukup parah.

Ia berharap warga masyarakat dapat saling bahu-membahu bersama pemerintah dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru.***