PEKANBARU - Untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di ruang perkuliahan, mahasiswa dan didukung sepenuhnya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning menaja perhelatan Semarak Budaya Melayu, Jumat-Sabtu (2-3/12/2016) bertempat di Kampus FIB Unilak, Jalan Yos Sudarso, Rumbai Pekanbaru.

Perhelatan yang kedua kali ini akan menyelenggarkan berbagai kegiatan, antara lain Permainan Rakyat, Pentas Seni, Bazar, Instilasi, senimar Budaya, Lomba Fotografi Tingkat SLTA Se-Pekanbaru, dan Pawai Pesta Kostum.

Menurut Iik Idayanti, M. Hum, dosen Program Studi Sastra Melayu sekaligus Pembina Kegiatan, perhelatan ini selain diikuti oleh mahasiswa FIB Unilak, juga diikuti oleh pelajar SMA, seniman Riau dan mahasiswa perguruan tingggi lainnya.

"Perhelatan ini merupakan upaya mewadahi kreativitas seni dan budaya Melayu bagi generasi muda. Dengan perhelatan ini diharapkan dapat melahirkan pemikir budaya Melayu Riau untuk masa akan datang," ujar Alumnus Universitas Indonesia ini.

Iik juga menyampaikan bahwa perhelatan Semarak Budaya Melayu II ini, menggusung tema "Mengarifi Melayu: Riau Tumpah Darah Melayu". Tema ini, kata Iik, sebagai upaya memberi makna Visi Riau dan memperkokoh Riau sebagai The Homeland of Melayu.

"Kita mulai dari yang kecil, mahasiswa FIB merupakan ujung tombak pembangunan di bidang kebudayaan dan kita senantiasa memberi ruang untuk mereka berkreativitas, agar memahami dan mencitai kebudayaan Melayu ini," jelas Iik. (rls)