PANGKALAN KERINCI - Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan membuka secara resmi kegiatan Festival Tesso Nilo 2018 bertempat di Flying Squad-SPW I Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Jumat (30/11/20018) sore.

Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo, Supartono menyampaikan kegiatan Festival Tesso Nilo 2018 ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang diadakan di Flying Squad desa Lubuk Kembang Bunga, setelah tahun 2017 kemaren.

“Kegiatan Festival Tesso Nilo diadakan bersamaan dengan lahirnya seekor bayi gajah yang diberi nama Harmoni Rimba oleh Bupati Pelalawan, HM Harris,” katanya.

Supratono berharap, Festival Tesso Nilo bisa dijadikan agenda kegiatan Kabupaten Pelalawan sehingga helatnya dapat lebih besar dan meriah.

Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan dalamnya sambutannya menyampaikan, ada tiga maksud didiadakannya kegiatan Festival Tesso Nilo ini.

“Pertama untuk pelestarian budaya masyarakat sekitar TNTN, dengan diadakannya berbagai perlombaan permainan tradisional seperti, lomba lagu melayu, lomba bermain gasing dan lomba silat pangean dapat dilestarikan, kerana kesenian ini sudah hampir terlupakan oleh kemajuan zaman dan teknologi,” paparnya.

Kedua, lanjut Zardewan, untuk pelestarian alam dan lingkungan Taman Nasional Tesso Nilo.

“Ketiga adalah bagaimana melalui kegiatan ini, TNTN dapat diperkenalkan sebagai objek wisata andalan, tidak hanya di Pelalawan dan provinsi tapi juga nasional yang dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke TNTN,” tandas Zardewan. ***