PEKANBARU - Terkhusus untuk siswa siswi SMP, SMA dan SMK sederajat se Provinsi Riau, Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Ekonomi  Universitas Riau (Unri) akan segera menyelenggarakan Olimpiade Ekonomi ke-7 pada tahun ini.

Pada olimpiade ke-7 kali ini panitia mengangkat tema yaitu "Menciptakan Generasi Muda yang Mandiri dan Berdaya Saing dalam Era Revolusi Industri 4.0. Pemilihan tema ini pastinya tidak terlepas dari bagaimana cara mengimplementasikan sejumlah strategi dalam mengahadapai revolusi tersebut.

Menurut ketua pelaksana, Iswandi mengatakan, bahwa ada beberapa cabang lomba yang ada dalam olimpiade ekonomi pada tahun ini yaitu tes tertulis, cerdas cermat, mading 2D dan 3D, rangking 1, karya tulis ilmiah remaja,  debat ekonomi,  teori kejuruan,  dan siklusi akuntansi.

Karena olimpiade ini di terbuka untuk tingkatan SMP sampai SMA sederajat, maka terbagilah beberapa cabang lomba yang di khususkan untuk dalam tingkatannya. Untuk tingkat SMP dan MTs ada lomba tes tertulis, cerdas cermat, mading 2D dan rangking 1.

Ads
Sedangkan untuk tingkatan SMA hampir sama dengan tingkat SMP hanya saja ada beberapa penambahannya yaitu, karya tulis ilmiah remaja, debat ekonomi, mading 3D, tes tertulis, cerdas cermat,  dan rangking 1.

Selain itu, untuk tingkat SMK ada beberapa cabang lomba yaitu, debat ekonomi, rangking 1, mading 3D,  karya tulis, debat ekonomi dan siklus akuntansi.  Khusu untuk teori kejuruan dan siklus akuntansi ini merupakan suatu alur pencatatan keuangan sebagai mana salah satu mata pembelajaran pada sekolah kejuruan.

Tidak hanya itu, untuk cabang lomba karya tulis ilmiah ini ada beberapa syarat yang harus di penuhi. Salah satunya yaitu, dalam karya tulis tersebut harus beranggotakan maksimal 3 orang dan tidak di batasi berapa berapa jumlah peserta dari perwakilan sekolah.

Adapun tema yang di tentukan dalam lomba karya tulis ilmiah ini yaitu peran generasi milenial dalam menghadapi perekonomian di era revolusi 4.0. Jika peserta ingin mengikuti karya tulis ilmiah ini, harus mengirim file berupa PDF,  dan paling lambat file tersebut di terima oleh panitia pada tanggal 28 Januari 2019 ke email resmi yaitu olimpiadeekonomifkipunri@gmail.com.

Nantinya untuk pengumuman 10 karya terbaik akan dijadwalkan pada tanggal 4 Februari dan di hari jadwal perlombaannya peserta akan presentasi dari karya tulis dan akan di nilai langsung oleh dewan juri.

Iswandi juga mengatakan untuk pendaftarannya peserta bisa memilih via online dan bisa langsung ke stand FKIP Penddikan Ekonomi di Unri, dan dalam sistem pendaftarannya bisa memberikan daftar dari sekolah dulu dan uang pendaftaran dibayar paling lambat waktu pelaksanaan technical meeting.

"Untuk pendaftarannya bisa online bisa langsung dan uang pendaftarannya bisa dibayarkan nanti paling lambat pas technical meeting," kata Iswandi di Pekanbaru, Sabtu (12/1/2019).

Pendaftaran olimpiade ekononi ini sudah di buka sejak tanggal 1 November 2018 sampai 4 Februari 2019, dan untuk waktu pelaksanaannya sendiri akan di laksanakan pada tanggal 11 Februari sampai 15 Februari 2019. ***