BOGOR - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U19 mengawali latihan perdana di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/9/2019). Di bawah guyuran hujan deras khas Bogor yang terkenal dengan kota hujannya, pelatih kepala timnas U19, Fakhri Husaini memimpin 26 pemain dari 30 pemain yang dipanggil.

“Empat pemain belum bisa bergabung, kebetulan mereka sedang berkompetisi di Elite Pro untuk klub Persebaya. Insya Allah, mereka akan gabung di tanggal 28 September 2019 nanti. Tidak masalah dengan pemain yang belum datang,” buka Fakhri usai latihan.

Empat pemain tersebut adalah, Ernando Ari, Mochamad Supriadi, Brylian Aldama dan Rizky Ridho.

Dalam pemusatan latihan perdana ini, materi yang diberikan Fakhri saat latihan perdana kali ini lebih kepada mengembalikan fisik mereka. “Kita harus punya rencana-rencana, apabila rencana yang satu tidak berjalan, maka saya akan menggunakan rencana lain. Kebetulan latihan kami diberikan berkah dengan turunnya hujan. Namun dengan materi latihan berbeda, tujuan sama, yaitu pengembalian fisik pemain sesuai dengan level tim nasional,” jelasnya.

Dijelasakan oleh Fakhri bahwa pada pemusatan latihan ini, dirinya ingin melihat sejauh mana pemain bisa menjaga kebugaran fisiknya.

“Di pemusatan latihan ini, saya lebih melihat sejauh mana mereka bisa menjaga tingkat kebugaran mereka dan mengembalikannya, setaleh kembali dari klub. Ternyata memang tidak mengecewakan. Karena mereka semua rata-rata ikut kompetisi Elite Pro,” tuturnya.

Sejauh ini, Fakhri puas dengan penampilan anak-anak asuhnya. “Secara umum, saya puas dengan penampilan anak-anak, meski hujan, mereka tetap semangat berlatih. Ini modal yang baik untuk kami dalam menjalankan program- program berikutnya, apalagi, saya mempersiapkan tim untuk menghadapi dua uji coba melawan China dan kualifikasi Piala AFC U19 yang berlangsung di Jakarta,” katanya.

Tim Nasional Indonesia U19 akan mengadakan uji coba melawan China. Uji coba tersebut rencananya akan diadakan dua kali. Tanggal 17 Oktober 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan tanggal 20 Oktober 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Selain itu, mereka juga nantinya akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, yang akan berlangsung di Jakarta, tanggal 2 hingga 10 November 2019. Indonesia tergabung di Grup K bersama dengan Korea Utara, Hongkong dan Timor Leste. ***