PEKANBARU – DPRD Riau diam-diam ternyata juga melakukan evaluasi terhadap kepala OPD Pemprov Riau. Hal ini seiring berlangsungnya evaluasi Pejabat Tinggi Pratama (PTP), yang dilakukan Tim Evaluasi dibawah pimpinan Prof. Dr. H. Ashaluddin Jalil, MS.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau yang membidangi Hukum dan Pemerintahan Eddy A. Mohd Yatim mengakui hal tersebut ketika dimintai tanggapannya. "Bukan evaluasi, tetapi meminta masukan dari teman-teman komisi terkait kemampuan leadership, penguasaan tupoksi dan program pimpinan OPD yang menjadi mitra kerjanya," jelas Eddy Yatim.

Ditambahkan Eddy Yatim, Komisi I hanya bersifat memberikan pertimbangan saja sebagai second opinion. "Memang ini merupakan hak prerogatif Gubernur. Namun sebagai unsur pemerintahan daerah, kita dari DPRD memberikan bahan pertimbangan saja. Karena kawan-kawan komisi yang selalu berinteraksi dengan kepala OPD dalam penyusunan program, pelaksanaan dan evaluasinya. Tentu mereka memiliki catatan terhadap kinerja pimpinan OPD tersebut," urainya lagi.

Sejauh ini, tambah Eddy Yatim, sudah semua komisi memberikan catatan kepada Komisi I. Komisi I, kata Eddy Yatim lagi, juga sudah melakukan diskusi tahap satu dengan Tim Evaluasi yang diketuai Prof. Dr. Ashaluddin Jalil.

"Setelah bahan yang terkumpul semua, kami akan melakukan diskusi kembali dengan Tim Evaluasi. Ini sifatnya masukan-masukan. Tujuannya untuk membantu Pak Gubernur agar dalam menyusun tim kerjanya. Kami berharap penempatan PTP yang ada nantinya mampu mendorong tercapainya visi dan misi Gubri. Waktunya sudah sangat mepet, jadi harus memposisikan orang yang tepat dan kredibel," tutup Eddy Yatim. ***