JAKARTA – Timnas U 23 Indonesia membuat kejutan dengan meraih kemenangan 1-0 atas Australia pada laga Grup A Piala Asia U 23 AFC 2024 yang berlangsung di Abdullah bin Nasser bin Khalifah Stadium Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024).

Gol tunggal Komang Teguh tersebut sekaligus membuka peluang Timnas Indonesi U 23 membuka peluang menuju babak perempat final. Pada laga terakhir, Indonesia akan menghadapi Yordania  yang bermain imbang tanpa gol melawan Australia.

Dengan hasil ini, Indonesia mengantongi 3 poin dari dua laga yang berlangsung. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong ini mengalami kekalahan kontroversi dari tuan rumah Qatar dengan skor 0-2.

Timnas Indonesia U-23 yang butuh kemenangan untuk membuka peluang lolos ke fase knock out langsung coba menekan sejak awal pertandingan serta membuka peluang untuk menciptakan gol.

Pada menit kedua, Jeam Kelly Sroyer melepaskan tembakan di kotak penalti namun masih membentur pemain Australia. Kemudian, pada menit ke-12, Pratama Arhan melakukan overlap dan berhasil menerobos ke kotak penalti. Sayangnya umpan silang yang dilepaskan masih bisa diredam oleh bek Australia.

Empat menit berselang, giliran Rafael Struick yang melepaskan ancaman. Penetrasi Struick diakhiri tembakan ke arah tiang dekat namun masih melebar di sisi kanan gawang.

Mendapat tekanan, Australia lalu berusaha balik melakukan tekanan. Bahkan, Australia mendapat hadiah penalti pada menit ke-23 setelah Komang Teguh melakukan handball di kotak terlarang hasil tendangan Mohamed Toure.

Kali ini, kiper Timnas Indonesia Ernanddo Ari tampil sebagai penyelamat dengan menepis bola hasil tembakan Toure yang menjadi algojo.

Pada menit ke-30, Timnas Indonesia Kembali membuka peluang untuk mencetak gol. Sayangnya, tembakan Marselino yang memanfaatkan umpan bebas dari Nathan Tjoe A On tidak mengarah ke gawang.

Usaha Timnas Indonesia U-23 akhirnya membuahkan hasil di menit ke-45. Gol tersebut dicetak oleh Komang Teguh lewat sundulan kepala.

Gol tersebut berawal dari skema sepak pojok yang dieksekusi Witan Sulaeman. Dalam perebutan bola di kotak penalti, Muhammad Ferarri bisa mengirim bola ke arah Nathan Tjoe A On yang langsung melepaskan tembakan keras ke arah gawang.

Komang Teguh yang berada di depan gawang berhasil mencetak gol lewat sundulan dengan mengecoh kiperAustralia, Patrick Beach.

Turnamen Piala Asia U 23 AFC 2024 ini sebagai kualifikasi AFC untuk Olimpiade 2024 Paris. Tiga tim teratas turnamen lolos ke Olimpiade sebagai perwakilan AFC, sedangkan tim terbaik keempat akan mengikuti pertandingan play-off AFC-CAF. 

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-23

Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Komang Teguh; Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Australia U-23:

Patrick Beach (PG); Alexander Popovic, Jacob Italiano, Jordan Courtney-Perkins, Lucas Mauragis; Keegan Jelacic, Ryan Teague, Jake Hollman, Aadrian Segecic; Nishan Velupillay, Mohamed Toure. ***