JAKARTA - Mantan Exco PSSI, Mayjend (Purn), Bernard Limbong meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir untuk mempertimbangkan pencalonan sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan digelsr di Jakarta, 16 Februari 2023 mendatang. Apalagi. Erick Thohir punya posisi penting sebagai Wakil Ketua Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (KPEN) dalam mengantisipasi isu ancaman krisis ekonomi global.  

"Saya mendenger pak Erick Thohir akan mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di KLB nanti. Sebagai aktivis sepakbola saya menyarangkan alangkah baiknya jika pak Erick Thohir mengurungkan niatnya dan fokus mengurus BUMN yang bisa dijadikan penyanggah ekonomi negara dalam mengantisipasi isu ancaman krisis ekonomi yang akan melanda dunia pada tahun 2023," kata Bernard Limbong yang juga Mantan Ketua Komisi Wasit PSSI di Jakarta, Rabu (28/12/2022). 

Saran yang dilontarkan Limbong yang juga Ketua PS Bara Siliwangi Bandung itu bukannya tanpa alasan. Pasalnya, diawal Desember lalu Presiden Jokowi memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengantisipasi dampak resesi, utamanya di kalangan masyarakat kecil, hasil Rapat Kabinet yang digelar pada Selasa (6/12/2022) lalu yang menghasilkan sejumlah rumusan kebijakan penting untuk mengantisipasi resesi ekonomi.

"Jabatan Menteri BUMN dan Wakil Ketua KPON sekaligus ketua pelaksana Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu jauh lebih penting dari jabatan Ketua Umum PSSI. Kalau urusan Ketua Umum PSSI biarlah diurus orang lain dan masih bisa diteruskan pak Mochamad Iriawan. Dan, saya yakin beliau punya kemampuan untuk mengangkat prrstasi sepakbola Indonesia lebih baik ke depannya," tambah Bernard Limbong. 

Prestasi sepakbola di bawah kepemimpinan Iwan Bule, panggilan akrab Mochamad Iriawan cukup bagus. Sederet prestasi telah dicatat Timnas Indonesia. Yakni, Timnas Indonesia meraih gelar juara Turnamen Sepakbola Piala AFF U 16/2022, Timnas U 20 dan Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023. Begitu juga Timnas Putri Indonesia lolos.mencatat sejarah lolos ke Piala Asia 2022. 

Bukan hanya prestasi yang dicapai Timnas Indonesia, Iwan Bule juga mampu menaikkan peringkat Indonesia di FIFA. Semula Indonesia berada di peringkat 179 dunia tetapi kini sudah menempati posisi 151 dunia. ***