JAKARTA - Pilpres 2024 semakin dekat dan tensi politik semakin menghangat. Kini dua nama tokoh politik di Indonesia kembali jadi sorotan yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Hal ini dikatakan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas. Ia mengatakan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan merupakan Pancasilais dan bela seluruh rakyat Indonesia.

Dua nama tokoh ini, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo merupakan figur yang digadang-gadang bakal menjadi calon presiden 2024. Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sedangkan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah.

"Ganjar, pasti pancasilais, Anies pasti pancasilais. Enggak mungkin Anies cuma bela islam, gak mungkin! Dia bela seluruh rakyat Indonesia begitu juga Ganjar," ujar Kata Zulkifli Hassan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

Menurut Zulhas, perhelatan Pilpres 2024 jangan dijadikan sebagai berhala baru untuk mengkotak-kotakan figur tertentu.

Ia pun berujar pilpres harus dibawa santai karena calon yang maju pasti sudah teruji NKRI dan Pacasilanya. "Pilpres itu jangan dijadikan berhala baru, kalau (dukung) ini masuk surga kalau ini masuk neraka, itu nggak baik. Biasa saja, pilpres itu. Yang paling penting tentu, yang akan maju menjadi capres itu pastilah orang-orang yang sudah teruji NKRI-nya dan pancasilanya," kata Zulhas.

Ia pun menceritakan kisahnya mendukung Prabowo Subianto rival Jokowi namun akhirnya malah masuk pemerintahan Jokowi di periode keduanya. "Jadi Pilpres itu sesuatu yang biasa, dulu saya mendukung pak Prabowo 10 tahun, pasangannya adalah Sandiaga Uno, kita melawan sama Jokowi, pak Anies saat pemerintahan pak Jokowi jadi menteri, Anies jadi sama Jokowi, kita melawan nih 10 tahun kita melawan, sekarang beda," pungkasnya.***