PEKANBARU - Empat anggota DPRD Provinsi Riau periode 2014-2019 dilantik dan diambil sumpah dalam rapat paripurna istimewa yang digelar, Kamis (17/12/2015). Keempat anggota baru ini merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW) dari beberapa anggota dewan yang mundur karena mengikuti proses Pilkada serentak tahun ini.

Rapat paripurna istimewa DPRD Riau sendiri dipimpin Wakil Ketua dr. H. Sunaryo didampingi Wakil Ketua Drs. Manahara Manurung dan Ir. H. Noviwaldi Jusman serta dihadiri Pelaksana tugas Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman, kepala Forkopimda, kepala satuan kerja perangkat daerah dan tokoh masyarakat.

Empat anggota DPRD Riau yang baru ini masing-masing Masgaol Yunus (Golkar), akan menggantikan posisi Suparman yang telah mengundurkan diri dari kursi DPRD Riau karena mengikuti Pilkada Kabupaten Rokan Hulu. Kemudian Yuliasman (Golkar), menggantikan posisi Indra Putra yang mundur dari keanggotaan DPRD Riau karena mengikuti Pilkada Kabupaten Kuantan Singingi.

Selain itu, Edy A Muhammad Yatim (Demokrat), akan menduduki kursi yang ditinggalkan oleh Eko Suharjo karena mengikuti Pilkada Kota Dumai dan Malik Siregar (PPP) menggantikan Mursini yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Kabupaten Kuantan Singingi.

Sementara itu, dua PAW dari Fraksi PDIP Perjuangan mengisi kursi peninggalan Zukri dari daerah pemilihan Pelalawan dan Syafrudin Potti Dapil Rokan Hulu sampai saat ini belum mendapatkan SK penunjukan. Hal ini karena masih dalam proses pengajuan oleh partai bersangkutan.

Wakil Ketua DPRD Riau dr. H. Sunaryo yang memimpin rapat paripurna istimewa ini dalam sambutannya mengatakan, DPRD merupakan referesentasi dalam kebijakan pembangunan daerah itu. Karena itu dewan sebagai tumpuan dan harapan masyarakat harus mampu bersikap aspiratif dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dengan tidak mengenyampingkan rakyat.

Sebagai wakil rakyat, anggota DPRD Riau bertugas mewakili rakyat dalam upaya pembangunan Riau yang lebih baik dan maju. "Jalankanlah amanah yang diberikan dengan sebaik mungkin. Ini adalah tugas mulia untuk menampung aspirasi rakyat yang diwakili," sebut Sunaryo.

Sunaryo menambahkan, dengan resmi memegang jabatan, keempat anggota DPRD Riau ini akan tergabung di masing-masing Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat dan Fraksi PPP. ***