PEKANBARU - Meski sejumlah Anggota DPRD Riau terkonfirmasi positif, namun Pimpinan DPRD Riau masih memberikan 'toleransi' kepada anggota yang melakukan perjalanan dinas ke luar kota.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PKB DPRD Riau, Ade Agus Hartanto. Menurutnya, sampai hari ini sudah ada 4 orang anggota DPRD Riau yang terkonfirmasi positif yakni A, MA, NZ dan M.

"Setahu saya sudah ada 4 orang anggota yang positif, itu yang pasti. Kalau ada penambahan lagi saya kurang tahu," kata Ade Agus, Senin (7/9/2020).

Menanggapi hal itu, Pimpinan DPRD Riau memberikan persyaratan ketat kepada anggotanya yang akan menjalankan tugas kedewanan ke luar kota, yakni dengan melampirkan surat hasil test swab negatif.

"Virus ini ternyata bukan isapan jempol belaka, kita sudah lakukan diskusi kecil dengan pimpinan, dan disepakati kegiatan DPRD beberapa hari ke depan akan dibatasi dulu. Perjalanan dinas dihentikan dulu, bisa keluar daerah tapi diuji swab dulu, dan masuk kembali harus diswab lagi. Ini kita jaga diri kita dan orang lain," ujar Ketua Komisi I DPRD Riau ini.

Adapun sampai hari ini, dari total 65 anggota DPRD Riau, baru sekitar 40 lebih anggota yang melaksanakan test swab. Artinya, masih ada sekitar 20 lebih lagi yang belum melakukan test.

"Kita harap semuanya melakukan swab itu, ini parameter kita laksanakan kedewanan," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Riau, Muflihun membenarkan hal tersebut, dikatakan pria yang biasa disapa Uun ini, pihaknya akan melakukan test swab kepada semua anggota, staff dan juga pihak yang beraktivitas di DPRD Riau.

"Termasuk security dan wartawan, semua akan kita swab. Bagi anggota yang tidak ada swab test negatif, tidak diperkenankan ke luar kota," ujarnya. ***