PEKANBARU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau menggelar acara penanaman dan pembagian bibit 1500 bibit serta pengenalan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto, Rokan Hulu.

Acara yang digelar pada Minggu (19/7/2020) ini dihadiri oleh pejabat Desa, Kecamatan dan Perwakilan PT RHL Inhutani yang menjadi sponsor pemberian bibit.

Acara ini disaksikan langsung para pengunjung kawasan wisata hutan air panas.

Dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh ketua Tim Kukerta Universitas Riau, Muhammad Zaki, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Desa Air Panas, Rahayu, dan kemudian sambutan dari Camat Pendalian IV Koto, Afkar.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit secara simbolis di kawasan hutan wisata air panas. Sebelum itu, bibit-bibit ini sudah dibagikan kepada seluruh warga Desa Air Panas.

Muhammad Zaki mengatakan, tujuan dari acara ini adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan di Desa Air Panas serta meningkatkan jumlah tanaman produktif di lingkungan rumah warga.

"Ini merupakan salah satu program kerja yang telah disusun oleh Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau.

Disamping penanaman ini, masyarakat juga berkesempatan mengenal produk jamu tradisional dan keripik ubi, serta berbagai produk UMKM lainnya yang ada di Desa Air Panas.

"Kami ingin ikut berpartisipasi dalam memperluas pemasaran, pelabelan, serta perbaikan packaging produk," tutupnya. ***