PEKANBARU - Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, Irwan Nasir membuat manuver politik dengan berpindah ke Partai Nasdem. Adapun saat ini, Irwan merupakan Ketua Penasehat DPW PAN Riau.

Catatan GoRiau.com, di masa akhir-akhir jabatannya sebagai Bupati Kepulauan Meranti, Irwan pernah menyampaikan keinginannya untuk 'pensiun' dari politik. Keinginannya ini dibuktikan dengan absennya nama Irwan sebagai Calon Formatur DPW PAN Riau 2020-2025.

"Dua tiga tahun ini InsyaAllah saya akan fokus mengurus bisnis yang sudah saya rintis selama ini, yang sedang dikelola oleh manajemen saya," kata Irwan pada (15/9/2020) lalu.

Irwan menegaskan, dirinya akan meninggalkan rutinitasnya di politik dan pemerintahan dalam waktu dekat ini, termasuk dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) PAN yang akan digelar pada Desember 2020 mendatang.

"InsyaAllah di Muswil nanti saya tak akan mencalonkan diri, tak ingin dicalonkan dan juga tidak akan masuk struktur kepengurusan partai, saya ingin menjadi masyarakat biasa yang ingin fokus menyelesaikan pendidikan dan mengurus bisnis," tutupnya.

Namun, di Muswil PAN Riau akhir tahun 2020 lalu, Irwan Nasir akhirnya ditetapkan sebagai Ketua Penasehat DPW PAN Riau, dimana saat ini DPW PAN Riau dipimpin oleh Bupati Siak, Alfedri sebagai Ketua, Sahidin sebagai Sekretaris dan Syamsurizal sebagai Bendahara.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Riau, Sahidin, mengatakan, dirinya terkejut dengan kepindahan Mantan Bupati Kepulauan Meranti ini dari PAN, sebab Irwan sampai hari ini belum menyampaikan pengunduran dirinya dari Ketua Penasehat DPW PAN Riau.

Sahidin menyayangkan, Irwan Nasir memilih bergabung dengan Nasdem tanpa menjalankan amanat AD/ART Partai, dimana dia mestinya melayangkan surat pengunduran diri kepada pengurus yang sah.

"Seharusnya mengundurkan diri dulu secara resmi ke partai untuk pindah partai, tapi ini tidak dilakukan, ujuk-ujuk masuk Nasdem," katanya, Kamis (14/10/2021).

Pun begitu, pihaknya, lanjut Sahidin, akan melakukan tabayyun kepada Irwan Nasir terkait kepindahan mantan Bupati Meranti tersebut supaya tidak berpolemik di dalam tubuh PAN.

"Untuk sementara waktu kami berpresangka baik aja dahulu dengan tabayyun. Sebab, di SK nama beliau masih ada sebagai pengurus dan saya juga tidak tahu kondisi saat ini seperti apa, dan mana tau yang namanya politik dia coba-coba disitu, itu yang saya tangkap," terangnya.

Sebagai informasi, Irwan diperkenalkan secara resmi oleh Nasdem saat penutupan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Nasdem Riau, rabu malam (13/10/2021). Selain Irwan, ada juga Mantan Gubernur Riau, Annas Maamun. ***