PEKANBARU, GORIAU.COM - Dua dari lima wakil Riau yang memperkuat Indonesia pada ASEAN Para Games berhasil mengamankan tiga medali emas hingga hari kesembilan pesta olahraga multiiven dua tahunan tersebut digelar.


Paralimpian (atlet penyandang disabilitas) Riau cabang renang, Meilani Putri membukukan dua medali emas di nomor 50 meter gaya dada dan 100 meter gaya kupu-kupu. Sementara satu medali emas lainnya diamankan pelari andalan Riau atas nama Martin Losu.


Paralimpian Riau di cabang atletik tersebut berhasil menjadi yang tercepat pada lomba 100 meter. Sampai saat ini baru tiga medali tersebut informasi yang bisa didapat National Paralympic Committee (NPC) Riau.


"Ini informasi yang baru kita dapat, kemungkinan masih ada beberapa medali lainnya," kata Ketua Umum NPC Riau, Jaya Kusuma kepada GoRiau.com, Minggu (19/1/2014).


Jaya berharap, kelima perwakilan Riau tersebut bisa terus menambah pundi-pundi medali Kontingen Indonesia pada iven paling bergengsi bagi penyandang disabilitas se-Asia Tenggara. "Mereka adalah yang terbaik, kita berharap mereka bisa menambah perbendaharaan medali Indonesia hingga iven usai," harapnya.


NPC Riau sendiri mendapat kehormatan mengirimkan lima paralimpian terbaiknya pada pesta olahraga difabel Asia Tenggara, diantaranya Angriawan (angkat berat), Zailani (renang), Meilani Putri (renang), Martin Losu (atletik) dan Nur Asmidar (renang).(tri)