BENGKALIS-Dua kurir sabu dan pil ekstasi lebih sebert 3,217 Kg yang ditangkap Lanal Dumai, Selasa (23/7/19) lalu, dilimpahkan ke Polres Bengkalis untuk penyelidikan lebih lanjut, Kamis (25/7/19) tadi malam.

Kedua diduga kurir tersebut berasal dari Kecamatan Bantan, Bengkalis. Sat (27) merupakan warga Desa Selatbaru sedangkan Bak (32) warga Desa Jangkang.

Barang bukti yang disita berupa 1 paket besar sabu 1.065 gram dan 6 bungkus ekstasi warna hijau muda merk minion seberat 1.927 gram. Selanjutnya bungkus kecil pil ektasi warna hijau muda merk minion 326 gram, 3 bungkus sedang berisi diduga pil ektasi warna biru 971 gram.

Petugas juga menyita 1 unit HP, dompet warna hitam yang berisi uang tunai Rp322 ribu, tas warna hijau dan KTP.

"Sudah dilimpahkan ke kita berikut barang bukti untuk proses penyidikan lebih lanjut," ungkap Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Jumat (26/7/2019).

Dua kurir sabu dan ekstasi antar negara ditangkap Pos Bengkalis Lanal Dumai setelah memperoleh informasi dari masyarakat bahwa akan adanya penyelundupan narkoba ke Desa Selatbaru Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Lanal Dumai menurunkan Tim F1QR guna melaksanakan pulbaket di daerah tersebut, Senin malam (22/7/19). Tim melaksanakan pembagian tugas, tim darat dan tim laut untuk melaksanakan penyekatan dengan menggunakan Sea Rider II dan tim darat bergerak menuju sasaran di sekitaran Desa Selatbaru.

Pukul 23.15 WIB tim laut mendeteksi speedboat yang melaju dari arah Malaysia menuju perairan Bantan, selanjutnya tim laut melaksanakan pengejaran terhadap speedboat tersebut sekitar 15 menit, namun pada saat pengejaran mesin tim F1QR Lanal Dumai mengalami mesin mati sehingga tim laut kehilangan jejak.

Selanjutnya pukul 23.20 WIB tim laut menghubungi tim darat untuk melaksanakan penyekatan terhadap speedboat yang masuk menuju Sungai Jangkang, Desa Selatbaru.

Kemudian pukul 23.40 WIB tim darat melihat bahwa ada speedboat yang baru saja menurunkan dua orang yang diduga pembawa Narkoba dan speedboat tersebut langsung pergi menuju Kuala Jangkang. Dua orang pelaku membawa bungkusan berlari menuju semak-semak dan rawa-rawa. Tim F1QR melakukan pengejaran sambil memberikan tembakan peringatan terhadap terduga, namun tidak dihiraukan.

Selasa (23/7/19) dinihari, tim F1QR terus melaksanakan penyisiran di sekitar area perkebunan yang berdekatan dengan perumahan penduduk berjarak sekitar 300 meter dari lokasi speedboat menurunkan dua pelaku dan pada pukul 01.30 WIB tim F1QR berhasil mengamankannya beserta bungkusan yang dibawa.

Setelah dilakukan interograsi terhadap pelaku dan pemeriksaan terhadap bungkusan yang dibawa, ditemukan isi bungkusan tersebut berisikan diduga sabu dan ekstasi. Selanjutnya pada pukul 03.30 WIB, dua pelaku berikut barang bukti dibawa menuju Posal Bengkalis dan untuk selanjutnya dibawa menuju Mako Lanal Dumai sebelum dilimpahkan ke Polres Bengkalis.***