BANGKINANG - Dua dari tiga pasian positif Covid-19 di Kabupaten Kampar, Riau dinyatakan sembuh, Sabtu (2/5/2020). Kabar baik ini diketahui dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar, Yusri. Namun Yusri juga menyebutkan kabar duka dari Pasian Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 bertambah meninggal dunia satu orang.

"Kalau pasien 01 asal Kecamatan Bangkinang yang sudah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan 24 April lalu setelah dirawat selama 29 hari. Pasian positif yang 02 asal Kecamatan Siak Hulu juga telah dinyatakan sembuh dan juga sudah kita pulangkan satu hari yang lalu," ungkap Yusri.

Sementara pasien 03 positif Covid-19 masih diisolasi di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, yang merupakan keluarga pasien 02 asal Kecamatan Siak Hulu.

Selain kabar baik dari sembuhnya pasian positif, Sekda Kampar ini juga menjelaskan kasus jumlah PDP dan ODP menurun di wilayah Kabupaten Kampar.

"Kabar baik pada hari ini juga mengalami penurunan yang terjadi pada masyarakat berstatus PDP, ODP. Total keseluruhan PDP sampai saat ini berjumlah 89 orang. Dengan rincian sedang dirawat berjumlah 44 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 4 orang. PDP yang sembuh bertambah 6 orang, jadi sudah ada 32 pasien PDP yang telah dinyatakan sehat atau negatif Covid-19. Sedangkan kabar dukanya ada tambahan satu pasien PDP yang meninggal dunia," ujar Sekda Yusri.

Sementara kabar dari ODP, Yusri menjelaskan juga mengalami tren penurunan. Dari jumlah total keseluruhan ODP 5.258 orang, sudah selesai masa pemantauan mandiri selama 14 hari sebanyak 4.437 orang. Sisa ODP saat ini sebanyak 821.

Pada kesempatan ini, Yusri mewakili Pemerintah Kabupaten Kampar, meminta kepada masyarakat tidak mengucilkan baik terhadap pasien Covid-19 yang telah sembuh maupun keluarganya. Dan agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kampar menyampaikan kepada masyarakat, tidak mengucilkan pasien Covid-19 yang telah sembuh maupun keluarganya. Dan selalu lakukan sosial distancing dan gunakan masker jika keluar rumah," pintanya. ***