PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi dua ekor beruang madu dari lingkungan masyarakat di Bukit Timah, Dumai, Riau. Satwa liar itu kini dilepas ke alam liarnya.

''Dua ekor beruang madu itu terdiri dari induk dan anakan. Sudah kita evakuasi dari lingkungan penduduk di Desa Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai. Beruang ini berhasil kita evakuasi kemarin (3/6),'' kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono kepada detikcom, Kamis (4/3/2020).

Haryono begitu sapaan akrabnya menyebutkan, sebelummya pihaknya menerima laporan dari masyarakat akan adanya dua ekor beruang yang berada di lingkungan masyarakat. Karena itu pihaknya menurunkan tim untuk melakukan observasi di lapangan.

"Setelah dilihat di lapangan, tim melakukan pemasangan perangkap d lokasi keluar masuk beruang," kata Haryono.

Di lapangan, sambungnya, tim melakukan penembakan bius untuk mengevakuasi kedua beruang tersebut. Setelah dibius, beruang tersebut dimasukan dalam kerangkeng.

''Beruang kita lepas liarkan di kawasan konservasi taman wisata alam (TWA) yang memang berbatasan dengan dengan perumahan penduduk,'' kata Haryono. ***