PEKANBARU - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) se-Riau akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) guna menentukan kepengurusan periode 2021-2026 dengan sistem pemilihan sesuai hasil Kongres DPP PAN di Kendari.

Mekanisme baru ini sama seperti sistem pemilihan di kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Riau, dimana masing-masing DPD sudah mengusulkan nama-nama calon formatur beberapa waktu yang lalu.

Nama-nama ini sudah dilakukan analisa oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP), terutama makalah tentang konsep kepemimpinan partai dari para calon formatur.

"Musda ini difasilitasi oleh DPW, nanti akan langsung dipimpin DPP, insyaAllah Ketua Umum saudaraku Zulkifli Hasan akan memimpin langsung," ujar Ketua DPW PAN Riau, Alfedri didampingi Sekretaris Sahidin, Bendahara Syamsurizal dan Ketua Infokom DPW PAN Riau, Makmur Kasim, Selasa (16/2/2021).

GoRiau Ketua DPW PAN Riau, Alfedri di
Ketua DPW PAN Riau, Alfedri didampingi Sekretaris Sahidin, Bendahara Syamsurizal dan Ketua Infokom DPW PAN Riau, Makmur Kasim. (foto: Hasbul/GoRiau.com)

Alfedri yang juga Bupati Siak ini berharap Musda yang dilakukan secara virtual karena Pandemi Covid-19 ini bisa berlangsung lancar dan sukses, serta dapat diterima dengan baik oleh semua kader.

Dijelaskan dia, pada hari ini DPP akan mengumumkan nama-nama formatur yang minimal diisi oleh 4 orang, dan akan ada satu atau lebih perwakilan perempuan.

"Ketua formatur otomatis akan menjadi Ketua DPD PAN, kita harapkan satu bulan kedepan formatur sudah menyelesaikan struktur kepengurusan," tutupnya.

Sebagai informasi, Musda ini tidak hanya dilakukan oleh Musda se-Provinsi Riau saja, namun juga dilakukan berbarengan dengan 4 DPW lainnya di Indonesia. Semua dilaksanakan melalui virtual. ***