PEKANBARU - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru meminta Walikota Pekanbaru, Firdaus untuk menempatkan orang yang berkompeten sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Di tahun 2021 ini sudah terjadi 4 kali pergantian Kepala Dinas (Kadis) DLHK Pekanbaru. Sepeninggalan Agus Pramono, Kadis DLHK dijabat oleh Azhar, Azwan, Marzuki dan juga Hendra. Seluruh pengganti Agus Pramono ini berstatus Pelaksana tugas (Plt), termasuk Hendra yang menjabat sebagai Plt DLHK Pekanbaru saat ini.

Robin Eduar, anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru mengakui seringnya Firdaus menggonta-ganti Kadis DLHK Pekanbaru membuat Komisi IV kesulitan dalam menjalin komunikasi.

"DLHK ini sudah berapa kali gonta-ganti, ketika mau dipanggil kepala dinasnya sudah baru. Walikota harus menempatkan orang yang tepat untuk di DLHK," katanya, Jumat (3/12/2021).

Jika Firdaus tidak menempatkan orang yang berkompeten di bidang LHK, Robin menilai permasalahan sampah yang ada di Kota Pekanbaru tidak akan pernah bisa diselesaikan.

Sebagai informasi, Kota Pekanbaru saat ini tengah melakukan pelelangan pengangkutan sampah. Dan berkaca dari tahun-tahun sebelumnya tumpukan sampah selalu muncul diawal tahun karena tidak adanya pihak yang mengangkut sampah.

"Sampah rumah tangga juga harus diatur dengan baik, keluarkan sampah itu hanya diperbolehkan jam 6 sore hingga jam 6 pagi," harapnya. ***