PEKANBARU - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Provinsi Riau merangkul warga, personil TNI dan Polri menggelar bakti sosial, Sabtu (28/12/2019).

Kegiatan berupa penyemprotan asap guna membunuh jentik nyamuk demam berdarah (fogging) di saluran air dan rumah warga di kawasan Jl. Hasanuddin, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Hal ini dimaksudkan mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti yang kerap muncul di musim penghujan.

Pantauan GoRiau di lapangan, puluhan anggota IPK melakukan pembersihan di parit-parit rumah warga, masjid, dan jalan, selain itu ada juga masyarakat sekitar, babinkamtibmas dan babinsah yang turut membantu kegiatan gotong royong yang dilakukan IPK tersebut.

Ketua DPD IPK Provinsi Riau, Kasten Harianja mengatakan, kader bersama warga sekitar juga membersihkan sampah yang menyumpat saluran air dan bahu jalan.

"Kader IPK harus menanamkan budaya bersih dan peduli terhadap lingkungan. Kebersihan itu sebagian dari iman. Ini bentuk kepedulian IPK terhadap lingkungan," sebut Harianja.

Selain melakukan pogging, kader IPK juga membersihkan Masjid Abidin, berlokasi tidak jauh dari kantor DPD IPK Riau, Jl. Hasanuddin, No. 98, Kota Pekanbaru.

"Aksi bersih masjid ini sebagai bentuk kepedulian kader IPK terhadap tempat ibadah. Hari ini kita bersihkan masjid, lain waktu bisa gereja, vihara dan rumah ibadah lainnya," sebut Harianja.

Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar, sebut Harianja, harus menjadi budaya seluruh kader IPK di Provinsi Riau.

"Kader IPK harus bermanfaat bagi masyarakat luas. Ini prinsif yang kita tanamkan dalam organisasi," tegas Harianja.

Dalam kesempatan itu, Harianja juga menyatakan rasa terima kasih kepada personil TNI dan Polri yang dengan suka rela terlibat dalam bakti sosial tersebut.

"Kita hanya berkoordinasi dengan pihak RT/RW di kawasan Jl. Hasanuddin. Tetapi dalam pelaksanaan gotong royong ini, personil TNI dan Polri juga ikut terlibat. Sinergitas seperti ini akan terus kita tingkatkan dalam berbagai kegiatan IPK selanjutnya," harap Harianja.

Usai bakti sosial, kader IPK, warga, personil TNI dan Polri makan siang bersama penuh keakraban.***