PEKANBARU - Dompet Dhuafa Riau kembali menggelar aksi sosial dengan mendatangkan dai dan membuka pelayanan kesehatan cuma-cuma bagi masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Kabupaten Indragiri Hulu.

Kunjungan Dompet Dhuafa ini ke desa Rantau Langsat, ada beberapa dusun, diantaranya Dusun Lemang, Dusun Nunusan, Dusun Air Bomban, Dusun Sahdan dan Dusun Datai. Penduduk lokal yang mayoritas hidup dari hasil-hasil hutan baik menjual getah Jernang, dan sebagainya.

"Dalam misi dakwah keislaman, kami Dompet Dhuafa Riau telah mengirimkan 3 dai dengan program Dai Pedalaman yang bertugas di desa itu sudah 5 bulan berjalan. Dengan fokus membina dan mengajarkan tentang agama islam yang meliputi akidah, ibadah, dan juga mengajar ngaji anak-anak di desa tersebut," kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, Ali Bustomi.

Akses yang berdampingan langsung dengan hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh menjadi perhatian serius bagi Dompet Dhuafa dalam mensyiarkan Islam juga program-program pemberdayaan. Target pertama adalah dusun Datai yang dihuni oleh suku Talang Mamak.

Untuk melakukan peningkatan program lanjutan, setelah penempatan dai di dusun Lemang, dusun Nunusan dan dusun Air Bomban, Dompet Dhuafa Riau bersama Layanan Kesehatan Cuma-cuma melakukan aksi kesehatan dengan tema ketahanan anak komprehensif yang terdiri dari aksi layanan sehat, edukasi perilaku hidup bersih, analisis kecacingan anak-anak dan tumbuh kembang anak spesifik pemenuhan gizi hingga pemberian makanan gizi tambahan.

Rangkaian program yang dimulai sejak Jumat (4/3/2016) hingga Minggu (6/3/2016), menurut Ali Bustomi, akan berlangsung sampai 14 hari kedepan dengan memberikan makanan untuk pemenuhan gizi tambahan.

"Setelah kami lakukan pengkajian awal mengenai tingkat kesehatan dan juga tumbuh kembang anak pada rangkaian awal, setelah itu dilakukan tambahan makanan ini. Setelah genap 14 hari, tentu kami akan lakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai tingkat kesehatan setelah program ini," kata Ali lagi.

Sesepuh masyarakat setempat, yang juga mantan Kades Rantau Langsat, Muhammad Nasir menyambut positif program-program dari Dompet Dhuafa Riau.

"Kami sangat berkesan dengan Dompet Dhuafa, serta berharap program dapat terus dibuat di kampung kami. Karena kami disini juga akan selalu menjaga hutan Taman Nasional bBkit Tigapuluh ini untuk kebaikan anak cucu nantinya," kata Nasir haru.(rls)