PEKANBARU - Dalam rangkaian program nasional Millenial Road Safety Festival yang serentak digelar di Indonesia, Dirlantas Polda Riau melakukan sosialisasi keselamatan dan tertib berlalu lintas di Universitas lancang Kuning.

Menurut Kasubdit Dikyasa Ditlantas Ajuan Komisaris Besar Polisi (AKBP) Elvanis, saat berkendara di jalan raya harus tertib dan beretika, agar tidak melanggar rambu dan membahayakan pengendara lain saat berkendara.

Berdasarkan data dari kepolisian menyebutkan bahwa generasi millenial termasuk yang paling banyak melakukan pelanggaran. Untuk jenjang pendidikan mahasiswa adanya peningkatan dari tahun 2017 dan 2018.

"Pada tahun 2017 ada 2.055 pelanggaran, sementara tahun 2018 ada 2.095 pelanggaran, maka dari itu kita berharap kegiatan di kampus Unilak agar mahasiswa menjadi generasi millenial yang tertib lalulintas serta pelopor keselamatan," Kata Alvanis di aula Pustaka yang dihadiri lebih dari 350 mahasiswa, Rabu(20/2/2019).

Alvanis juga mengajak mahasiswa untuk hadir diarea Car Free Days (CDF) di jalan Sudirman pada 24 Februari 2019 dalam acara millenial road safety Festival. Selain itu, dalam acara ini juga menyediakan hadiah umroh untuk 2 orang, sepeda motor, sepeda, kulkas, televisi dan masih banyak lagi.

Dalam acara sosialisasi ini juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab. Serta adanya layanan samsat keliling yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi mahasiswa yang ingin membayar pajak.

Diakhir acara Ditlantas Polda Riau juga memberikan praktek bagaimana berkendara roda dua yang benar di jalan lingkungan kampus Unilak. Mahasiswa tampak antusias dan semangat dalam mengamati berkendara yang baik dan benar.

Wakil Rektor III Unilak Bidang Memahasiswaan Dr.Eddy Asnawi.SH.MHum, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Polda Riau yang telah memberikan sosialisasi bagi mahasiswa Unilak.

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran untuk tertib berlalulintas baik dilingkungan kampus maupun di jalan raya," kata Asnawi. ***