PEKANBARU – Disperindag Kota Pekanbaru menyediakan lapak baru bagi pedagang terdampak banjir di Basement Pasar Bawah, Jalan Ahmad Yani, Kota Pekanbaru. Bagi pedagang gorden, dipersilahkan untuk naik ke lantai III di pasar tersebut.

"Tadi kita persilahkan pedagang gorden yang ada di basement, kalau mau naik, tapi harus semuanya ikut, silahkan ke lantai 3 di pasar itu. Karenakan bahan dagangannya kain, jadi untuk antisipasi kita," ujar Kepala Bidang Pasar Disperindag Kota Pekanbaru, Hendra Putra, Rabu (5/10/2022).

Ia mengatakan, lingkungan Pasar Bawah memang biasanya mengalami banjir saat musim hujan. Namun, peristiwa banjir hari kemarin merupakan yang terparah sejak 4 tahun belakangan.

"Memang ini yang paling parah, sejak empat tahun lalu ya. Karena hujannya juga deras dan lama. Tetapi ini sudah kita bersihkan dan keringkan bersama instansi terkait, mudah-mudahan sudah bisa kembali beraktivitas (pedagang)," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang saat dikonfirmasi mengaku sudah akan mulai berdagang mulai besok. Terhitung ada 96 pedagang yang berada di basement, dengan jenis dagangan gorden, ikan, aksesoris dan sebagainya.

"Mungkin besok saya sudah mulai kak," jelasnya.

Pada pedagang hari ini, Rabu (5/10/2022) sore, juga menerima bantuan yang disalurkan Baznas Pekanbaru. Ketua Baznas Pekanbaru, Endar Muda mengatakan bantuan berupa paket sembako ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pedagang terdampak banjir.

"Ada 96 paket yang kita bagikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dirahmati oleh Allah SWT. Nanti, jika usaha bapak dan ibu sudah kembali lancar, jangan lupa kembali ke Baznas untuk bersedekah," pungkasnya. ***