SELATPANJANG – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemkab Meranti, bertempat di Gedung Afifa Sport Center, Jalan Banglas Selatpanjang, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik Provinsi Riau, Narasumber, Drs. Muhammad Arifin, M.Si, Irawaty, S.Kom, M.Si, dan Nofira Ismayani, S.Kom. Kemudian, peserta diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Kasubag Umum/Program dan ASN yang membidangi Teknologi dan Informasi di masing-masing OPD Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhlisin, S.Kom dalam sambutannya menyampaikan beberapa Laporan Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua sehingga Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terlaksana dengan baik," ujar Plt Kepala Diskominfotik Kepulauan Meranti.

GoRiau Foto bersama pada kegiatan Bim
Foto bersama pada kegiatan Bimtek Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE di lingkungan Pemkab Meranti, bertempat di Gedung Afifa Sport Center, Jalan Banglas Selatpanjang, Selasa (28/6/2022).

Dijelaskan Muhlisin, bahwa sesuai dengan pedoman evaluasi SPBE, mengamanatkan seluruh instansi pemerintahan, Kementrian, lembaga serta pemerintah daerah menyelenggarakan SPBE.

"Penyelenggaraan SPBE menjadi salah satu indikator kunci mewujudkan Misi Kabupaten Kepulauan Meranti yang ke-6 "Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggungjawab serta memberikan layanan prima," jelasnya.

Selanjutnya, transformasi diakui di seluruh layanan administrasi maupun layanan masyarakat adalah strategi target untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan masyarakat yang tepat, sehingga terwujudnya Kabupaten Kepulauan Meranti yang maju, Cerdas dan Bermartabat.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan yakni, Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Birokrasi Reformasi (Kemenpan-RB), Nomor 05 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE dan Surat Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1530 Tahun 2021 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021.

"Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis ini, adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip dasar pelaksanaan Evaluasi SPBE dan membahas dan memahami prosedur penyusunan Laporan Evaluasi SPBE terkait Tata Kelola SPBE, Arsitektur serta Peta Rencana SPBE," ungkapnya.

Muhlisin juga mengatakan bahwa setelah pelaksanan bimtek, diskominfotik Kepulauan Meranti akan membentuk tim koordinasi sesuai tugas dan fungsi OPD masing-masing.

"Kemudian diadakan pertemuan rutin dalam rangka penginputan data-data indikator pendukung SPBE. Selanjutnya melakukan integrasi sistem yang telah dibangun," ucapnya.

Diskominfotik Kepulauan Meranti akan membangun Command Center yang merupakan pusat kendali data dari seluruh OPD yang ada. Hal ini dalam rangka mendukung Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai Wali Data Pemerintah Daerah untuk percepatan program satu Data Indonesia.

"Kita dan seluruh OPD pemda Meranti akan terus mengembangkan SPBE ini, dan nantinya kominfo akan membangun Command Center yang merupakan pusat kendali data seluruh OPD, hal ini mendukung Diskominfo sebagai wali data Pemerintah Daerah dan percepatan program satu Data Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Kepulauan Meranti, Drs. H. Irmansyah, M.Si mengungkapkan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa tranformasi digital harus segera dilakukan.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, saya mengapresiasi kepada Dinas Kominfo Kepulauan Meranti yang telah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada hari ini, kegiatan ini sebagai wujud penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang terencana dan terpadu," ungkapnya.

Dijelaskan Irmansyah, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) adalah Penyelenggaraan Pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Pelaksanaan SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah bertujuan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

"Hal tersebut selaras dengan visi misi Kabupaten Kepulauan Meranti, tepatnya pada misi yang ke-6 yaitu menciptakan tata kelola Pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab dalam memberikan layanan yang prima," ujarnya.

Selanjutnya, kata Irmansyah, agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan sesua yang diinginkan, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di setiap instansi Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk menghasilkan suatu nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan Pemerintahan Daerah.

"Agar penilaian ini dapat dilaksanakan secara efektif dan objektif, maka perlu disusun pedoman evaluasi yang dapat dipahami oleh semua pemangku kepentingan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," ucapnya.

Dijelaskan lagi bahwa, tata kelola SPBE memiliki unsur-unsur SPBE secara terpadu meliputi arsitektur, peta rencana, rencana dan anggaran, proses bisnis, data dan informasi, insfratruktur aplikasi, serta layanan SPBE.

"Saya berharap kepada seluruh perangkat daerah mendukung penuh penerapan SPBE ini, di seluruh tingkatan pemerintahan mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten. Saya berpesan bagi semua, lakukanlah inovasi dalam bekerja serta bercepatan layanan publik yang akan berperan besar bagi kemajuan daerah," pesannya.***