PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru akan mengusulkan pengadaan vaksin untuk pencegahan kanker serviks atau kanker rahim di Mal Vaksin Kota Pekanbaru. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (11/8/2022).

"Kita memang ingin mengusulkan agar ada vaksin pencegahan kanker serviks di Mal Vaksin Pekanbaru yang akan dibangun. Karena saat ini belum ada," ujarnya.

Menurutnya, vaksin kanker serviks ini merupakan upaya pencegahan terjadinya kanker di rahim, yang pencegahannya akan lebih efektif di usia produktif. Kanker serviks merupakan tumor ganas pada bagian paling bawah uterus yang disebabkan virus papilloma atau HPV.

"Maka vaksin ini untuk upaya pencegahan bagi perempuan-perempuam di usia produktif," jelasnya.

Ia mengatakan, Pemko Pekanbaru memang belum memfasilitasi pengadaan vaksin kanker serviks. Pasalnya, biaya vaksin ini cukup mahal dan selama ini masyarakat masih mengaksesnya melalui fasilitas kesehatan swasta.

"Biayanya malah. Vaksin itu bisa sampai Rp1 juta. Mudah-mudahan nanti bisa dialokasikan anggarannya, kita akan usulkan ke anggaran provinsi, karena kota ada keterbatasan," pungkasnya. ***