BENGKALIS - Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menghentikan operasional Dermaga Satu Roll on Roll Off (Roro) Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu karena kondisinya tidak layak dan tidak bisa menahan beban kendaraan bertonase tinggi.

"Untuk sementara waktu Dermaga Satu ini belum kita fungsikan karena kondisi dermaga harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu dan hanya bisa digunakan untuk memuat kendaraan pribadi dan roda dua," ujar Sekretaris Dishub Bengkalis Zul Asri ketika melakukan peninjauan di dermaga tersebut di Bengkalis, Senin.

Untuk perbaikan dermaga tersebut saat ini belum ada anggaran namun sudah diajukan ke pusat agar dianggarkan melalui Dana Alokasi Umum (DAK).

"Anggaran kita saat ini belum ada untuk perawatan dermaga tersebut, namun sudah diajukan ke pusat melalui dana DAK," ungkapnya.

Selain itu, kata Zul Asri, dari hasil penilaian yang dilakukan tim survei, Dermaga Satu Roro belum layak difungsikan dan saat ini hanya Dermaga Dua yang bisa melayani arus penyeberangan.

"Hasil 'assesment' (penilaian) sudah keluar, untuk Dermaga Dua masih layak, sedangkan Dermaga Satu harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu di sejumlah fasilitas, " ungkapnya.

Ia mengatakan proses perbaikan harus dilakukan perencanaan dan baru bisa dilakukan proses tender karena banyak fasilitas dermaga harus dilakukan perbaikan, termasuk untuk "jetty" dermaga. ***