TELUKKUANTAN – PT Asia Sawit Makmur Jaya (ASMJ) kembali membangun pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Kali ini, PKS dengan kapasitas 45 ton per jam berdiri di Desa Sungaipaku, Kecamatan Singingi Hilir.

Berdirinya PKS baru ini disambut antusias oleh masyarakat Kabupaten Kuansing. Sebab, keberadaan PKS tentu akan memimbulkan multi efek terhadap kehidupan masyarakat.

Karena itu, Pemkab Kuansing memberikan jaminan untuk peluang investasi. Hal ini ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuansing, Suhardiman Amby saat meresmikan PKS PT ASMJ.

"Berdirinya PKS ini, sangat kami apresiasi. Sebab, ini akan memajukan Kuansing. Dengan adanya pabrik di sini, tentu akan menyerap tenaga kerja lokal," ujar Suhardiman, Rabu (30/11/2022).

Selain itu, Suhardiman juga mengharapkan keberadaan PKS bisa menimbulkan efek domino di segala bidang kehidupan masyarakat, terutama bidang ekonomi daj sosial.

"Tumbuh bergandengan dengan masyarakat lewat program CSR. Jika sudah demikian, saya yakin dan percaya perusahaan akan berkembang dengan baik dan ekonomi masyarakat akan meningkat," tutur Suhardiman.

Sambutan hangat juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kuansing, Juprizal yang hadir di acara peresmian tersebut. Ia mengapresiasi hadirnya PKS PT ASMJ di Sungaipaku.

"Kami mendukung keberadaan pabrik ini, sebab ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Juprizal.

Ia mengajak semua pihak untuk menjaga keberadaan PKS PT ASMJ, sebab ini aset yang bernilai besar. Juprizal mengingatkan agar PT ASMJ menjalankan program CSR, agar masyarakat merasa memiliki.

GoRiau Plt Bupati bersama Direktur PT
Plt Bupati bersama Direktur PT ASMJ dan Forkopimda Kuansing potong tumpeng tanda dimulainya operasi PKS. (foto: kominfoss untuk www.goriau.com)

Senada dengan itu, masyarakat Sungaipaku menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada PT ASMJ. Karena telah merekrut tenaga kerja lokal.

"Hubungan baik ini harus tetap kita jaga. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Terima kasih sudah mempekerjakan masyarakat kami," ujar H Safuan Ahmad, tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Bujang Fauzi, Direktur Utama PT ASMJ menyatakan komitmen dalam mempekerjakan tenaga kerja lokal. Begitu juga nantinya dengan program sosial kemasyarakatan.

"Seperti harapan Pak Plt Bupati, kami akan bergandengan tangan tumbuh dan berkembang bersama masyarakat," ujar Fauzi didampingi Doni Fasnes, Direktur Operasional PT ASMJ.

Fauzi memaparkan, dari 83 orang karyawan, 43 orang merupakan tenaga kerja tempatan. Ia mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat Kuansing.

Acara peresmian PKS PT ASMJ dihadiri oleh Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata, Dandim 0302 Inhu, Kepala DLH Kuansing, Deflides Gusni, Kepala Dinas PUPR Kuansing, Zulkarnain, Kepala Dinas Koperasi UKM Dagrin, Mardansyah dan sejumlah anggota DPRD Kuansing. (advertorial)