BALI - Kejuaraaan Dunia Esport ke-14 tahun 2022 diharapkan bisa dijadikan ajang bagi atlet esport Indonesia untuk mengasah kemampuan di level dunia. Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali usai membuka Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 di Merusaka Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali (2/12/2022) malam.

"Saya berharap pada ajang ini kita tidak hanya menjadi tuan rumah saja, tapi atlet esport Indonesia menunjukkan prestasinya," kata Menpora Amali.

Menurut Menpora Amali, keikutsertaan 105 negara ini adalah sangat luar biasa dan memiliki manfaat yang baik bagi atlet esport Indonesia. Apalagi tahun depan akan ada beberapa multi event seperti SEA Games Kamboja dan Asian Games di Tiongkok.

"Ajang ini sangat memiliki manfaat yang besar bagi atlet esport Indonesia, apalagi nanti di SEA Games Kamboja dan Asian Games Tiongkok tahun 2023 akan dipertandingkan," kata Menpora Amali.

Adapun kategori yang dipertandingkan pada ajang ini ada 6 kategori, yaitu Tekken 7, DotA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. Khusus CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female. Total hadiah yang disediakan adalah sebesar USD 500.000.

"Hari ini menjadi momentum istimewa bagi esport Indonesia melakukan lompatan besar di ajang dunia. Semoga ini menjadi sejarah baru esport berkontribusi besar bagi bangsa dan negara. Pesan kepada atlet sport indonesia, bermainlah yang sportif agar bisa membangggakan Indonesia di mata dunia," ujar Menpora Amali.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo. Ia menyampaikan optimisme PBESI terhadap dampak positif dari gelaran Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022.

“Kami akan menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan (pemerintah), pelaku industri, dunia pendidikan, bahwa esports adalah bidang positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi," katanya.

Pihaknya optimis Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia. ***