SOLO - Konser Trisakti sukses. Ribuan penikmat musik memadati Benteng Vastenburg Solo. Hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghangatkan suasana, Sabtu malam 25 Juni 2022 itu.

Ribuan manusia tumpah ruah, berjoget bareng dalam acara Konser Trisakti. Sebuah konser menyambut gelaran Bulan Bung Karno. Hadir artir-artis lokal seperti Ada Denny Caknan, NDX AKA, Guyon Waton dan Yudit Nurvita. Penonton dibbuat ‘ambyar’ bareng dengan lagu-lagu hits.

"Hari ini, kita semua kumpul nonton konser yang hampir 2 tahun tidak melihat. Seneng to kowe, ambyar to kowe? Saya senang, karena lagu yang berbahasa jawa, hari ini menjadi tuan rumah dan semua bisa joget. Sobat ambyar mana suaranya. Rupane ketok bahagia kabeh (wajahnya terlihat bahagia semua)," tutur Ganjar.

Ditambahkan Ganjar Konser Trisakti merupakan rangkaian kegiatan selama Bulan Bung Karno. Sebelum konser itu dilangsungkan banyak kegiatan lain seperti pentas tari tradisional. "Seperti pesan Bung Karno, kita harus berkepribadian dalam kebudayaan. Dan hari ini saya lihat luar biasa. Anak-anak kecil menari tradisional dan kita tutup dengan konser musik yang luar biasa," tandasnya.

"Dulu orang menyanyi lagu tradisional itu dianggap kuno, hari ini kita lihat betapa semua menikmati dan bahagia," kenang Ganjar.

Kebudayaan sambung Ganjar, harus terus dilestarikan. Tidak hanya monoton, tapi bisa dikolaborasikan dengan kebudayaan modern. "Kita jadikan tari tradisional dan musik tradisional sebagai tuan rumah. Kita tunjukkan seni budaya yang kita miliki bisa kita modernisasi tanpa harus tercerabut dari akarnya," jelasnya.

Melihat semangat dan antusias masyarakat, Ganjar mengatakan, begitu bahagia. Konser Trisakti seolah menjadi pengobat rindu masyarakat akan hiburan bersama teman dan keluarga. "Saya melihat senang dan bahagia, mereka merasa terobati kerinduannya karena dua tahun tidak ada konser musik," pungkas Ganjar Pranowo.***