PEKANBARU – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Naga Sakti, Tampan, Pekanbaru, Riau, Minggu, 25 Juni 2023, sekitar pukul 17.30 WIB dan dilaporkan sekitar pukul 18.00 WIB.

Kecelakaan tersebut melibatkan sebuah Mobil Toyota Avanza BM 1829 FM dan dua sepeda motor, salah satunya adalah Honda Sonic BM 5511 IN. Satu sepeda motor lainnya tidak diketahui jenis dan nopolnya karena pelakunya kabur dari Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Saat itu, pengemudi mobil, RR, 22 tahun, dan dua penumpangnya, LR, 20 tahun, dan MN, 21 tahun, berhasil selamat dari kejadian tersebut. Sementara itu, pengendara Honda Sonic, RE, 18 tahun, harus dirawat di RS Bhayangkara Pekanbaru akibat luka pada tangan dan kaki kanannya.

Dikabarkan, mobil avanza yang dikendarai RR bertabrakan dengan sepeda motor yang tidak diketahui identitasnya. Motor tersebut dikabarkan sedang balapan liar dan berusaha berbalik arah di U-turn. Para teman dari pengendara motor yang balapan liar tersebut berusaha menghentikan mobil Avanza dan memukul pengemudi.

Riski berusaha mengamankan diri dengan meninggalkan TKP, namun dikejar oleh kelompok balap liar. Saat kejar-kejaran berlangsung, mobil Avanza malang itu menabrak sepeda motor Honda Sonic yang dikendarai RE. RR kemudian berusaha mengamankan diri di Mapolda Riau di Jalan Patimura, Limapuluh, Pekanbaru meski masih sempat dikejar para anggota balap liar.

''Berdasarkan analisis awal, penyebab utama kecelakaan ini adalah human error dari pengendara motor balap liar yang tidak diketahui identitasnya. Pengendara tersebut kurang berhati-hati dan tidak konsentrasi saat berkendara. Selain itu, balapan liar di jalan umum juga menjadi faktor penting dalam kecelakaan ini,'' ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Senin (26/6/2023).

Saat ini, polisi sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut dan mengejar pengendara motor yang kabur dari TKP. Selain itu, pihak kepolisian juga telah menerima laporan, menolong korban, mengamankan Barang Bukti (BB), dan melakukan input data IRSMS. ***