TELUKKUANTAN - Seorang oknum kepala desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kembali kabur. Sudah satu bulan, keberadaannya tidak diketahui oleh masyarakat setempat.

Adalah Zulhendri, Kepala Desa Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Ia sudah tidak terlihat di kantor sejak 4 Januari 2022.

Menurut Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dissos PMD) Kuansing, Napisman, oknun Kades tersebut diduga kabur dari desanya, karena ada kegiatan yang tidak selesai.

"Sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya. Kita juga tidak bisa menghubungi yang bersangkutan," ujar Napisman kepada GoRiau.com, Senin (7/2/2022) pagi di Telukkuantan.

Dikatakan Napisman, saat ini Inspektorat sedang melakukan pemeriksaan khusus di Desa Sitorajo Kari. Kemudian, agar roda pemerintahan tetap berjalan, pihaknya sudah menunjuk sekretaris desa sebagai Plh.

"Karena kadesnya kabur, hilang tanpa kabar, kita tunjuk Plh agar pelayanan tetap berjalan," ujar Napisman.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada tiga kepala desa di Kuansing yang kabur karena tidak bisa mengelola dana desa dengan baik dan benar. Sebelum Kades Sitorajo, Kades Beringin Jaya dan Kades Dusuntuo lebih dahulu kabur.

"Padahal kita sudah ingatkan para kepala desa, kalau ada masalah, hadapi dan selesaikan. Kita dari Pemda turut prihatin dengan kondisi ini. Semoga tidak ada lagi kades yang lari dari tanggungjawabnya," tutup Napisman.***