DUMAI - Kebakaran lahan mulai terjadi disejumlah wilayah di Kota Dumai, Riau. Terjadinya kebakaran lahan diduga karena kelalaian manusia itu sendiri. Seperti yang terjadi di daerah Selingsing, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

Jumat (18/2/2017) terjadi kebakaran disebuah lahan sawit sekitar pukul 14.30 WIB. Api dapat dipadamkan oleh tim gabungan dari pemadam kebakaran Wilmar dan Sinar Mas, dibantu masyarakat, Bhabinkamtibmas serta Babinsa setempat dan Ketua RT, Minggu (19/2/2017). Api menghanguskan sekitar 2 hektare lahan milik masyarakat.

Api pun tidak berhenti sampai disana, Senin (22/2/2017) sekitar pukul 22.00 WIB kembali terjadi kebakaran lahan di RT02 daerah Bantan Jaya, Kelurahan Selingsing. Api menghanguskan kebun karet sekitar hampir setengah hektare. Api dapat dipadamkan karena tim gabungan berhasil melakukan bloking dan didukung hujan yang turun tadi malam.

Demikian hal itu dikatakan Lurah Pelintung Al Azni kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Selasa (21/2/2017). Pihaknya bersama pihak Kecamatan Medang Kampai, Polsek, Koramil, Ketua RT dan perusahaan seperti Wilmar dan Sinar Mas, serta masyarakat, telah melakukan koordinasi penanggulangan terjadinya kebakaran lahan.

"Hasil koordinasi tersebut, komunikasi terhadap terjadinya kebakaran lahan untuk segera disampaikan. Secara bersama-sama, tim gabungan turun ke lokasi yang terbakar untuk melakukan upaya pemadaman," ujarnya.

Pihaknya juga sudah mengingatkan pemilik kebun dan perusahaan sekitar, untuk peduli dan bersama-sama bergotongroyong memadamkan api saat terjadi kebakaran lahan. Kebakaran lahan yang terjadi di Kelurahan Pelintung diduga dirinya karena kelalaian manusia.

"Kelalaian tersebut, karena ada masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan. Dengan kondisi cuaca yang panas dan ekstrem, akibatnya api dengan mudah membakar daun yang sudah mengering," ungkapnya.

Baca juga:

- Lahan Dekat Jalan Soekarno Hatta Dumai Terbakar, Pemadaman Api Masih Diupayakan

Ia juga mengharapkan antara pemerintah dan perusahaan bisa bersinergi dalam penanganan kebakaran lahan di Kecamatan Medang Kampai dan Kota Dumai keseluruhan. "Hujan yang turun tadi malam, mampu meredem meluasnya kebakaran di Selingsing. Untuk itu, perlu pergerakan yang cepat ketika terjadinya kebakaran lahan," jelasnya.*** #KLIK Disini Untuk Baca Berita DUMAI