PINGGIR – Bupati Bengkalis Amril Mukminin, secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 yang dipusatkan di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Selasa (10/7/2018).

Pembukaan TMMD ke-102 dalam upacara di lapangan bola Desa Muara Basung, diikuti personil TNI dari jajaran Kodim 0303/Bengkalis, unsur masyarakat, Satpol PP dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir pada upacara pembukaan TMMD ke-102, Gubernur Riau diwakili Kepala Satpol PP Riau Zainal, Danrem Wirabima 031/Riau yang diwakil Kasi Personalia Kolonel Inf DJ Simanungkalit, Kapolda Riau diwakili Direktur Sabhara Kombes Zulkifli.

Selanjutnya Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, Sekretaris Daerah Bengkalis Bustami HY, para pejabat dari Kabupaten Siak dan Meranti, anggota DPRD Bengkalis Abu Bahrun, Pipit Lestari, Susianto SR dan Zulkifli.

Kemudian para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, camat se-Kabupaten Bengkalis, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakat, guru dan siswa di Kecamatan Pinggir.

Amril Mukminin, menegaskan atas nama masyarakat dan Pemkab Bengkalis mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI atas program TMMD ke-102.

Kegiatan TMMD merupakan bentuk dukungan dan kerjasama yang sangat positif dari kalangan TNI dalam membantu masyarakat melalui pembukaan infrastruktur jalan.

“Kami sebagai pemerintah daerah tentunya menyambut dengan baik dan bangga sekali atas apa yang telah di laksanakan TNI dalam TMMD ke-102 di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir, terang Amril Mukminin.

Dikatakan Amril, melalui kegiatan ini akan terbangun semangat kebersamaan dan semakin mendekatkan TNI dengan rakyat. Terlebih sesuai dengan tema TMMD ke-102, Manunggal membangun karekter milenial.

“Jika dilihat dari tema tersebut, selain sebagai upaya TNI untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat. Kegiatna ini juga untuk menciptakan generasi produktif, memiliki moral dan berkarakter sejak dini,” ujar Amril Mukminin.

Sementera itu, Komandan Satgas TMMD ke-102, Letkol. Inf. Timmy Prasetya Harmiantodalam laporannya mengungkapkan, kegiatan TMMD ini mengerahkan 126 personil TNI yang akan menumpang tinggal di rumah warga selama pelaksanaan TMMD.

Selain peningkatan jalan, juga dilakukan kegiatan non fisik pada TMMD ke-102 di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, dalam bentuk penyuluhan. Yakni penyuluhan tentang bela negara, keamanan, ketertiban masyarakat, hukkum, bahaya narkoba.

Selanjutnya penyuluhan tentang kesehatan atau KB mandiri dan kebersihan, kerukunan antar umat beragama, pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan.

“Melalui kegiatan sosial yang dilakukan, ke depannya mampu menjadikan TNI sebagai bagian penting terutama dalam membantu masyarakat,” ujar Letkol Inf Timmy. (Rls)