SIAK - PT Kimia Tirta Utama (KTU) yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk menyerahkan 1 unit ventilator untuk membantu penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau. 

Ventilator merupakan mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan. Ventilator dibutuhkan oleh pasien yang tidak dapat bernapas sendiri sehingga pasien mendapat asupan oksigen yang cukup. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh CD Area Manager Riau, Astra Grup Dede Putra Kurniawan kepada Bupati Siak Alfedri yang diwakilkan oleh Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya selaku Wakil Kasatgas Penanganan Covid-19 Siak, Kamis (17/9/2020) di Posko Gugus Tugas.

Dikatakan Dede , KTU memahami bahwa Covid-19 ini adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Sistem pernapasan pasien berjalan tidak normal sehingga membutuhkan alat bantu untuk bernapas.


GoRiau Penyerahan bantuan tersebut ju
Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan oleh Forkompinda.
Dalam kondisi peningkatan jumlah pasien Covid-19 di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Siak, kebutuhan ventilator menjadi sangat vital dalam penanganan Covid-19.

"Oleh karena itu, kami mencoba membantu 1 unit ventilator. Semoga ventilator ini dapat membantu pasien Covid-19 yang mengalami kendala pada pernapasan dapat tertangani dengan baik sampai sembuh," katanya didampingi Achmad Zulkarnain, Administratur PT KTU.

Community Development Officer Azra Husaini menambahkan, bantuan ventilator ini merupakan salah satu program Nurani Astra dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Bantuan tahap kelima ini menyalurkan 50 ventilator ke 18 provinsi di Indonesia senilai Rp20,8 miliar dan total bantuan dari Astra mencapai Rp151,8 miliar. Selain Siak, kabupaten Pelalawan juga kami salurkan bantuan serupa," kata Azra.

Dan sebelumnya, Nurani Astra juga menyalurkan berupa kendaraan pickup dan truk, ventilator, perlengkapan ICU, sampai dengan paket bahan makanan kebutuhan pokok.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap penanganan Covid-19, terutama di Kabupaten Siak. Semoga Nurani Astra bisa membantu penanganan Covid-19," kata Azra.

Kapolres Siak, AKBP Doddy F Sanjaya  yang dalam kesempatan itu mewakili Bupati Siak, Alfedri menyebutkan bantuan ventilator ini akan diserahkan langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Siak untuk difungsikan.

"Kami menyambut baik dan menyampaikan terimakasih atas bantuan ventilator ini. Dengan kondisi ini, memang kita perlu saling membantu dalam penanganan Covid-19 ini. Kesediaan barang ini terbatas karena nilainya sangat tinggi. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat," kata Wakil Kasatgas Penanganan Covid-19 Siak.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Budhi Yuwono mengakui kepedulian PT KTU membantu pemerintah kabupaten Siak dalam penanganan Covid-19 bukan kali ini saja. Sebelumnya perusahaan sawit ini juga sudah melakukan penyemprotan disenfektan di perumahan warga, pasar tradisional, masjid dan lainnya.

"Kepedulian PT KTU dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini harusnya dapat ditiru oleh rekan-rekan swasta lainnya di Kabupaten Siak. Karena untuk menangani pandemi ini memang perlu kerjasama semua pihak," kata Budhi.

Terlebih saat ini, lanjut Budhi, kasus Covid-19 di Kabupaten Siak terus meningkat. Sedangkan ruang isolasi sangat terbatas, RSUD Tengku Rafian Siak, Asrama Haji dan BLK sudah penuh.

"Sarana dan ruang isolasi kita sangat terbatas. Kini kita sudah ada 9 ventilator, di RSUD Siak 6 dan Tualang 2, tambah 1 dari PT KTU. Dan alat ini memang yang diperlukan saat ini untuk penanganan Covid-19, khususnya pasien Covid-19 yang dalam perawatan," sebut Budhi.

Acara penyerahan bantuan ventilator yang harganya ratusan juta rupiah inu juga dihadiri oleh Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanajaya, Dandim 0303 Bengkalis, Sekretaris Daerah H Arfan Usman, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala BPBD, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo. (Adv)