PANGKALAN KERINCI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan terus melakukan pemantauan terkait naiknya debit air Sungai Kampar.

Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Hadi Penandio, Jumat (7/12/2018) menyebutkan, level air Sungai Kampar mulai naik sejak hari Kamis kemarin.

"Untuk hari ini, level Air Sungai Kampar di Pontoon Langgam mencapai 3.07 m. Trennya level air sungai Kampar di Pontoon RAPP naik dari Kamis kemarin 6 Cm," sebutnya.

Untuk itu, ia meminta kepada Camat khususnya di wilayah daerah aliran sungai (DAS) Kampar untuk segera berkoordinasi dengan Upika dan instansi terkait untuk memantau situasi di wilayah masing-masing.

"Kades atau lurah agar mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Ini terkait peningkatan tinggi muka air yang akan signifikan dalam beberapa hari ini, khususnya masyarakat petani kerambah," kata Hadi Penandio.

Selain itu, Camat juga melaporkan secara periodik dan rutin update situasi lapangan. "Pembukaan spill way PLTA Koto Panjang terhitung hari ini menjadi 5 x 50 Cm," pungkasnya kepada GoRiau. ***