PEKANBARU, GORIAU.COM - Provinsi Riau masuk dalam peringkat 10 besar terbaik nasional penanganan gangguan keamanan di daerah. Penghargaan ini diberikan oleh Menkopolkam RI beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) Riau, Nizhamul mengatakan, apresiasi itu terkuak dalam rapat evaluasi pelaksanaan rencana aksi penanganan gangguan keamanan dalam negeri tahun 2014 di Denpasar, Bali.

Riau kembali mendapatkan kepercayaan di tingkat nasional. Penghargaan dari Menkopolkam ini dalam penanganan gangguan keamanan dalam negeri Riau masuk 10 besar Nasional,'' kata mantan Kasatpol PP Riau itu.

Prestasi ini lanjut Nizhamul, meningkat dari tahun sebelumnya. Karena tahun lalu itu, Riau cuma berada di peringkat 27 saja. Pemerintah pusat berharap agar tim penanganan gangguan keamanan dalam negeri (PGKDN), dapat bekerja maksimal. Termasuk, membangun sinergitas dengan instansi vertikal.

Langkah pengawasan gangguan keamanan di daerah ini melibatkan instansi vertikal seperti TNI, Polri, Jaksa dan pihak-pihak terkait. Untuk di Riau, sinergitas itu sudah terjalin dan, tinggal bagaimana untuk lebih meningkatkan kekompakkan saja.

Capaian itu menunjukkan langkah penanganan dampak negatif di daerah, dapat ditangani secara proporsional. Sehingga, tercipta kondusifitas di Bumi Melayu Lancang Kuning.***