TEMBILAHAN-Pasca terbakarnya 199 kios di Pasar Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Senin (15/7/2019) lalu, membuat 47 pedagang tidak bisa mengais rezeki seperti sebelumnya.

Hal itu membuat pedagang gelisah, apalagi Hari Raya Idul Adha kurang dari sebulan lagi.

"Kami ingin secepatnya dibuatkan Tempat Penampungan Sementara (TPS), karena kami harus mencari rezeki, apalagi sebentar lagi lebaran," ujar Bg Lopi, salah satu pedagang yang kiosnya habis terbakar.

Melihat kegelisahan para pedagang tersebut, membuat Marlis Syarif pun terketuk hatinya untuk membantu para pedagang, ia pun menyempatkan diri ikut rapat bersama para pedagang dan unsur kecamatan di Kantor Camat Tempuling, Kamis (18/7/2019).

Ads
Saat rapat tersebut, ia pun mendengarkan permintaan dari para pedagang, akhirnya, Jumat (19/7/2019), pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris di Kesbangpol Inhil itu membawakan 5 kodi seng dan uang tunai sebesar Rp5 juta untuk para pedagang.

Seng dan uang tunai tersebut diterima langsung oleh Camat Tempuling, Ridwan di Kantor Kecamatan Tempuling.

"Kami atas nama masyarakat yang terkena musibah sangat berterimakasih sekali atas sumbangan berupa seng dan uang ini," ujar Ridwan.

Ia pun mengatakan, seng dan uang yah diterima itu akan dibagikan kepada pedagang untuk membantu membangun TPS.

"Ada 47 pedagang yang akan kita bangun TPS, lokasinya di depan pasar yang terbakar," lanjutnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Jubaidi mengaku sangat berterimakasih atas bantuan tersebut.

"Memang TPS itu nanti kita bangun sendiri, karena kalau nunggu dari Pemerintah lama, sedangkan kita tidak bisa menunggu. Jadi dengan adanya bantuan dari Pak Marlis bisa membantu meringankan beban kami," sebutnya.

Sementara itu, Marlis Syarif kepada GoRiau.com menuturkan, bahwa bantuan tersebut diberikannya dengan maksud agar para pedagang bisa secepatnya kembali berjualan.

"Kita tahu, kalau pedagang inikan kalau tidak berdagang ya tidak ada pemasukan, jadi kita bantu agar mereka bisa segera bangun TPS dan bisa berjualan lagi, semoga bermanfaat untuk pedagang semua," tutur pria yang akrab disapa Ogut ini.(ayu)