KAMPAR - Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wirabima, Brigjen TNI M. Fadjar secara resmi menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Kodim 0313/KPR yang berpusat di Desa Balung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (8/8/2019).

Berlangsung hikmad, upacara penutupan TMMD Ke-105 Kodim 0313/KPR digelar Lapangan Bola Kaki Desa Balung, diikuti oleh anggota TNI satuan tugas, unsur kepolisian, perangkat daerah, tokoh adat, para ulama dan siswa-siswi SD dan SMP setempat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI MS. Fadhilah, Danrem menyampaikan bahwa program TMMD merupakan wujud pengabdian TNI bersama lembaga negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

"Hal ini tentunya sejalan dengan tema pada pelaksanaan TMMD ke-105 Tahun 2019, 'Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat'," kata Danrem.

Danrem juga menyampaikan, upacara penutupan hari ini, sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-105 yang dilaksanakan serentak di 6 wilayah Kodim, jajaran Kodam I/Bukit Barisan, yakni Kodim 0209/Labuhan Batu, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Kodim 0313/Kampar, Kodim 0321/Rokan Hilir, Kodim 0314/Agam, dan Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun.

"Sebagaimana program TMMD yang telah berjalan sebelumnya, pelaksanaan TMMD ke-105 ini diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan sasaran non fisik," kata Danrem.

Dari segi pembangunan fisik, lanjut Danrem, Satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan. "Berupa pembukaan jalan, peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah, serta perbaikan rumah tidak layak huni dan prasarana umum lainnya," tuturnya.

"Untuk itu saya sangat berharap agar masyarakat senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu lama," tambah Danrem saat membacakan amanat Pangdam I Bukit Barisan.

Sementara untuk sasaran kegiatan non fisik, kata Danrem, Satgas TMMD juga telah melaksanakan sejumlah kegiatan berupa penyuluhan.

Di antaranya, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pelayanan di sektor pertanian, pendidikan, narkoba.

"Melalui kegiatan non fisik ini, diharapkan dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat, khususnya generasi muda agar memiliki karakter yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah, serta memiliki daya saing demi tercapainya kemandirian bangsa," kata Danrem.

Sebelumnya, mengawali upacara penutupan TMMD ke-105 tersebut, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0313/KPR, Letkol Inf Aidil Amin lebih dulu membacakan hasil pelaksanaan kegiatan fisik pengerasan badan jalan sepanjang 8,5 Km dari Dusun IV menuju Dusun V Sei Asam, Desa Balung.

Selain itu, ia juga menyampaikan berbagai kegiatan nonfisik berupa penyuluhan yang telah dilakukan anggota Satgas. Setidaknya ada 15 item di berbagai sektor l, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, kependudukan dan catatan sipil, serta keamanan dan pertahanan.

"Dengan selesainya pekerjaan pengerasan badan jalan sepanjang 8,5 Km di Desa Balung, diharapkan dapat membantu masyarakat sebagai sarana transportasi yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Balung, baik untuk mengangkut hasil kebun, maupun untuk memudahkan pelajar dalam menuntut ilmu," demikian Letkol Inf Aidil Amin yang juga menjabat sebagai Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0313/KPR. ***