RUPAT UTARA - Bupati Bengkalis, Kasmarni mengharapkan kegiatan Culture Paradise Festival Rupat dan Running 10 K dapat menarik wisawatan asing dan mancanegara ke Kabupaten Bengkalis.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Heri Indra Putra saat membuka Culture Paradise Festival Rupat di halaman Villa Anting Putri Kecamatan Rupat Utara, Sabtu (23/11/2021). 

Heri mengatakan sesuai rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional tahun 2010-2025, Rupat telah ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional oleh Pemerintah Provinsi Riau.

"Pulau Rupat telah ditetapkan sebagai target pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tahun 2019-2024, hal ini didasari bahwa begitu penting dan strategis posisi dan potensi pulau Rupat dalam pembangunan kawasan di Selat Melaka," ujar Heri.

Heri mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus menggenjot khususnya bidang pariwisata dengan membuat kalender wisata, juga melaksanakan event tetap secara sistematis, terencana dan berkelanjutan sebagai media promosi wisata Pulau Rupat.

"Melalui event yang dilaksanakan hari ini, kami berharap promosi secara digital terhadap keindahan alam eksotisme dapat terus dilakukan dan digelorakan," harapnya.

Masih kata Heri, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengharapkan dukungan dari anggota DPR Provinsi Riau bersama anggota perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyerap langsung berbagai informasi permasalahan pembangunan di Rupat Utara guna percepatan pengembangan kepariwisataan di Pulau Rupat.

Pada kesempatan itu juga ditampilkan sejumlah hiburan seperti, Senduduk Putih dari Bengkalis, Distrik Hip Hop dari Duri, RDP & The Syndicate dari Pekanbaru juga turut disaksikan penampilan Zapin Api. 

Hadir dalam acara ini Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia, anggota DPR Riau Robin Hutagalung, anggota DPRD Bengkalis Syahrial dan Rahmah Yenny serta sejumlah tamu undangan dari Provinsi Riau.

Hari ini akan dilaksanakan lari 10 Km yang diikuti pelari dari Provinsi Riau dan dari Kabupaten Bengkalis yang dimulai pukul 05.30 WIB pagi di sepanjang bibir pantai.***