PEKANBARU - Pelaksanaan tiga iven besar pariwisata andalan di kabupaten dan kota di Provinsi Riau tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menerima pengajuan pembatalan pelaksanaan tiga iven tersebut, yakni Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Cian Cui atau perang air di Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Kepala Dinas Pariwsata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, iven pariwisata yang dapat mendatangkan ribuan wisatawan, baik dari masyarakat di daerah maupun wisatawan dari luar negeri ini terpaksa dibatalkan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Untuk iven wisata yang batal dilaksanakan tahun ini, kami sudah berkoordinasi dengan semua pimpinannya. Sudah ada kesepakatan khusus untuk iven pacu jalur, bakar tongkang dan perang air sudah dibatalkan. Jadi bukan kita yang membatalkan, tapi pemerintah kabupatennya langsung yang membatalkan," kata Roni di Pekanbaru, Kamis (2/7/2020).

Selain tiga iven besar ini, kata Roni, ada dua iven besar pariwisata lain yang belum dibatalkan pelaksanaannya, yakni iven olahraga Tour de Siak di Kabupaten Siak dan iven Dragon Boat di Kabupaten Kampar. Di mana iven ini akan dilaksanakan bulan Oktober dan November.

"Dua iven yang mungkin kita laksanakan itu Tour de Siak di bulan September dan Dragon Boat di Danau Rusa, Kampar," ujarnya. ***