SUBIC - Tim catur Indonesia menutup dengan torehan hasil luar biasa menyapu bersih dua medali emas nomor Catur Kilat (blitz chess) putra-putri di arena pesta olahraga antar negara Asia Tenggara, SEA Games ke-30/2019 di Travellers Hotel, Subic Bay, Filipina, Minggu (8/12/2019).

Medali emas masing-masing diraih GM Susanto Megaranto (2647) untuk putra dan GMW Medina Warda Aulia (2163) dibagian putri. Dibagian putri tim catur Indonesia juga menambah raihan medali perak lewat WIM Chelsie Monica Sihte (2207).

“Alhamdulilah bisa mempersembahkan medali emas. Dan ini menjaga tradisi bagi cabang olahraga catur jika mendapat kepercayaan pasti kita bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, “ungkap Susanto Megaranto gembira.

Menurut pecatur putra nomor satu itu, dirinya saat tampil sudah dalam performa terbaiknya di catur kilat tidak pernah kalah dan diuntungkan juga kalahnnya sang pesaing utama pecatur terbaik Vietnam GM Lee Quan Liem (2768) dari pecatur tuan rumah Filipina IM Daniel Quizon. Sedangkan saat bertemui dengan Quan Liem, Santo berhasil menahan remis.

Tampil sebagai juara sekaligus meraih medali emas Susanto Megaranto dari 9 babak yang dimainkan di catur kilat finis dipuncak klasemen dengan torehan 5,5 angka kemenangan unggul 0,5 point dari Quan Liem dan pecatur Vietnam lainnya IM Le Tuan Minh mendapat perak serta perunggu.

Sementara di bagian putri Medina Warda Aulia juga tampil meyakinkan dari 9 babak yang dilalui mencetak 7,5 angka kemenangan, ungguil 0-5 point atas Chelsie diposisi kedua. Pesaing utama dibagian putri pecatur nomor satu Vietnam WGM Hoang Thi Bao Tram (2288) mengikuti diurutan ketiga mendapat perunggu dengan point 6,5 angka kemenangan.

“Sangat luar biasa penampilan pecatur Indonesia di arena SEA Games kali ini dan menyajikan ending yang manis bahkan melebihi target raihan medali, “tambah Manajer

Tim Catur Indonesia Kristianus Liem. Diakui Kris, penampilan para pecatur Indonesia saat bermain di catur kilat yang harus berpikir sangat cepat dan sempurna benar-benar bisa diterapkan dibabak-dibabak penentuan, salut untuk pecatur Indonesia dan mereka telah menunjukkan konsistensi di arena multi ivent internasional.

Dengan tambahan 2 medali emas dan 1 perak dari catur kilat, tim catur Indonesia dipastikan membawa pulang 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu dari arena catur SEA Games 2019. Dua medali perak lainnya dipersembahkan WFM Ummi Fisabililah di catur Cepat atau rapid chess dan IM Mohamad Ervan dinomor catur ASEAN. Sementara satu medali perunggu dihasilkan lewat IM Irene Kharisma Sukandar dinomor catur cepat. ***