PANGKALAN KERINCI -Capaian vaksinasi Covid-19 saat ini di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, sudah mencapai 37 persen, seiring terus masifnya kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan oleh berbagai pihak di daerah itu.

"Untuk capaian vaksinasi Kabupaten Pelalawan sekarang ini sudah 37 persen yang didata berdasarkan P-Care dan Smile yang terlaporkan di Diskes Provinsi dan Kementrian Kesehatan," terang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes, Selasa (9/11/2021), saat meninjau kegiatan vaksinasi massal yang digelar PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) dalam acara RGE Founder’s Day 2021 di aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Namun, lanjut dia, jika dihitung masyarakat Kabupaten Pelalawan yang sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19, baik dari program vaksinasi gotong-royong seperti yang dilakukan RAPP dan APR maupun TNI, Polri capaiannya sudah 52 persen.

"Sekali lagi saya sampaikan, kalau dihitung masyarakat kita yang sudah divaksin baik itu gotong royong di RAPP, TNI dan Polri, sudah mencapai 50 persen lebih. Namun capaiannya itu masuk ke kabupaten kota lain," terang Asril.

Namun yang terpenting, kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan, yang terprnting masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Yang penting masyarakat sudah divaksin dan tentu herd imunnity akan terbentuk di akhir tahun ini," pungkas Asril, kepada GoRiau.com.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, kembali memperbaharui data capaian pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Dikutip media ini, tercatat sebanyak 104.112 warga sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 untuk dosis pertama hingga 8 November 2021.

Sementara untuk vaksinasi dosis kedua sudah mencapai angka 65.547 orang, pada data laporan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Pelalawan.

Secara rinci, terdapat 2.387 tenaga kesehatan dan 21.846 petugas pelayanan publik yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama.

Selain itu, terdapat 3.426 warga lanjut usia (lansia) dan 6.633 masyarakat rentan divaksinasi yang sudah menjalani vaksin Covid-19 dosis pertama.

Sedangkan masyarakat umum 57.983 dan anak usia 12 - 17 tahun 11.837 yang sudah menjalani vaksin Covid-19 dosis pertama.***