PEKANBARU, GORIAU.COM - Menyikapi majunya beberapa warga Riau etnis Batak sebagai Calon Legislatif di Propinsi Riau, Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR) mengajak agar seluruh warga Riau yang merupakan Etnis Batak untuk menggunakan hak pilihnya atau tidak ikut dalam Golongan Putih (Golput). Hal tersebut ditegaskan Pengurus Pusat IKBR di Sekretariat IKBR saat Konferensi Pers di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Jum’at (04/04), usai menerima dan mendoakan beberapa Caleg yang datang.

"Tentu masing-masing sudah mengenali calonnya. Warga Riau Etnis Batak harus ikut berkarya untuk propinsi Riau sebagai wakil rakyat. Jadi, mari sama-sama kita datang ke TPS dan gunakan hak suara kita. Kalo bisa kita kawal bersama. Memang sering kali ada anggapan masyarakat, 'siapapun yang duduk itu, nasib kita selalu begini'. Itu tak bisa disalahkan karena banyak wakil rakyat setelah duduk lupa dengan janjinya. Namun, jika memang kita telah mengenali latarbelakang dan motivasi caleg dengan serius, baiknya didukung. Inilah pendidikan politik bagi generasi kita," kata Cornelius Barus, Ketua Umum IKBR saat jumpa pers.

Terkait majunya beberapa warga Riau etnis Batak, Cornelius menegaskan bahwa IKBR wajib memberi dukungan moril kepada semua Caleg agar berkompetisi dengan baik dalam memenangkan hati rakyat. "Kita ucapkan selamat berjuang dan semoga yang berjuang dengan tulus dan serius untuk mendapat tempat di hati rakyat. Terutama sahabat-sahabat Caleg maupun perwakilannya yang mau menyempatkan diri datang hari ini, tentunya akan kita perjuangkan semampu kita," terang Cornelius Barus didampingi sejumlah Tetua Sub Etnis Batak yang hadir.

Dikatakan Cornelius, IKBR juga sangat menghargai dan menghormati adanya pilihan berbeda dan dukungan secara terang-terangan dari Sub Etnis untuk Caleg tertentu karena faktor hubungan emosional dan alasan lainnya. Cornelius juga berharap agar tidak terjadi tindakan mengklaim secara sepihak tanpa etika dan cara yang baik, bahkan, terkesan memaksa pikiran orang untuk memilih tanpa alasan yang dapat diterima semua orang.

"Baiknya diawali dengan keikhlasan, tidak subjektif atas kepentingan pribadi bahkan terkesan memaksakan kehendak. Karena, baik Sub Etnis dan Persatuan Marga maupun Parsahutaon (serikat tolong menolong) pasti memiliki pilihan masing-masing atas hubungan pribadi maupun emosional. Kan ada istilah,'Dalihan Na Tolu'. Jadi prinsipnya IKBR sangat menghormati sikap marga dan sub etnis. Boleh berbeda, asalkan dengan legowo dan ikhlas, jadi perpecahan dapat dihindari. Ketika caleg yang datang sekarang ini menelpon meminta dukungan, saya persilahkan untuk berkomunikasi dulu dengan para tetua Sub Etnis. Lalu Sub Etnis dan konsolidasi dengan marga-marga. Tak ada artinya IKBR tanpa Tetua Sub Etnis, karena merekalah yang dituakan. Jika Tetua Sub Etnis menyatakan sikap, IKBR siap memfasilitasi," tambah Cornelius.

Berbeda dengan caleg partai, lanjut Cornelius, khusus untuk Calon DPD RI, pihaknya tidak perlu membahas lagi. Menurutnya, Rosti Uli Purba harus didukung semua warga Riau Etnis Batak. "Tak ada istilah suka atau tak suka, Rosti Uli Purba harus dimenangkan sebagai anggota DPD RI, titik ! Solidaritas ini harus dimengerti," tegas Cornelius.

Adapun para Caleg yang hadir yakni : Rosti Uli Purba Caleg DPD RI Dapil Riau Nomor Urut 7 (PDI Perjuangan), Marsiaman Saragih Caleg DPR RI Nomor Urut 1 Daerah Pemilihan Riau 2 (PDI Perjuangan), Hj Reni Sitawati Siregar, SE Caleg DPR RI Nomor Urut 3 Dapil Riau 1 (PDI Perjuangan), dr Surung Minaret Simbolon Caleg DPR RI Nomor Urut 4 Dapil Riau 1 (PDI Perjuangan), Risma Rezeki Sitompul Caleg DPRD Propinsi Riau Nomor Urut 8 Dapil Kota Pekanbaru (PDI Perjuangan), Jhon Romi Sinaga Caleg DPRD Kota Pekanbaru Nomor Urut 5 Dapil Kecamatan Payung Sekaki dan Tampan (PDI Perjuangan), Olgaria Simbolon Caleg DPRD Kota Pekanbaru Nomor Urut 9 Dapil Kecamatan Tampan dan Kecamatan Payung Sekaki (PDI Perjuangan), Febriyanti Barus Caleg DPRD Kota Pekanbaru Nomor Urut 6 Dapil Kecamatan Marpoyan Damai dan Bukit Raya, Ruslan Tarigan Caleg DPRD Kota Pekanbaru Nomor Urut 5 Dapil Kecamatan Tenayan Raya dan Sail.

Dalam jumpa pers tersebut, tetua Sub Etnis yang hadir yakni : Drs Alibun Siregar mewakili Tetua Sub Etnis Angkola/Mandailing, Mimpin Tarigan MBA mewakili Tetua Sub Etnis Karo, Hadirin Lingga selaku Ketua Ikatan Keluarga Batak Kuantan Singingi (IKBKS), Sihol Girsang mewakili Tetua Sub Etnis Simalungun, Tumpak Tinambunan mewakili Tetua Sub Etnis Pakpak Dairi sekaligus Ketua IKBR Kota Pekanbaru dan Luhut Pasaribu mewakili Tetua Sub Etnis Toba.

Pada kesempatan yang difasilitasi IKBR tersebut, Tetua Sub Etnis dari Karo secara terang-terangan menyampaikan pernyataan sikap dukungan penuh terhadap para caleg yang hadir.

"Kalau kami dari sub Etnis Karo sudah mematangkan diskusi dari beberapa pertemuan, membahas dan mencapai kesepakatan untuk mengajak agar seluruh warga Riau sub Etnis Batak Karo memilih para caleg yang datang hari ini. Tak perlulah kami diajari untuk mengenal semua caleg yang maju sekarang, karena kami bisa mengenalinya dengan sendiri. Setelah kami pelajari dalam beberapa pertemuan, kami memutuskan, mereka yang datang ini pantas untuk kami dukung. Tak ada deal atau kesepakatan karena sudah menghormati paguyuban ini. Terserah jika etnis lain berpendapat lain. Namun, inilah pilihan bagi kami orang karo. Karena masih ada waktu beberapa hari lagi, kami akan suarakan kepada seluruh sanak saudara melalui pertemuan, telepon atau sms," kata Mimpin Tarigan, MBA, Tetua Sub Etnis Karo.

Sementara itu, Hadirin Lingga yang turut hadir dari Kuantan Singingi mengatakan bahwa jika para caleg ini sudah datang, maka IKBR harus siap pasang badan. "Jangan hanya dibibir kita mendukung, tapi tak bergerak," tegas Lingga.(rls)