PEKANBARU - Bus Sempati Star tujuan Pekanbaru-Medan mengalami kecelakaan tunggal di tanjakan Bulu Cina Sigambal, Kota Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu (1/6). Akibatnya tiga orang pemudik meninggal dunia, dan sejumlah penumpang lainnya luka-luka.

Informasi yang diperoleh, bus yang mengangkut para penumpang dari Pekanbaru itu mengalami kecelakaan saat menghindari kendaraan lain dari arah berlawanan. Saat bus hendak belok ke kanan, tiba-tiba ada motor datang dari arah berlawanan.

"Saat itu bus berusaha menghindari pengendara yang datang dari arah berlawanan. Bus langsung tergelincir karena jalanan licin dan terbalik," kata Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang.

Frido menjelaskan, satu orang penumpang tewas di tempat karena terjepit badan bus. Sedangkan dua orang lainnya meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantau Prapat. Korban luka-luka juga masih dirawat di rumah sakit.

Ads
"Ada tiga orang penumpang yang meninggal dunia. Jumlah pasti penumpang dan korban luka-luka masih menunggu laporan di lapangan. Selain itu, sopir bus juga telah diamankan untuk dimintai keterangan," urainya.

AKBP Frido mengingatkan pengendara agar tetap berhati-hati saat melewati Jalan Lintas Sumatra. Apalagi jalan tersebut kini mulai dipadati para pemudik, terutama dari arah Medan ke sejumlah daerah di Sumatera. Daerah itu juga kerap diguyur hujan sehingga menyebabkan jalanan menjadi licin.

"Kita tetap imbau agar para pemudik berhati-hati saat melintas di tanjakan Bulu Cina Sigambal karena rawan kecelakaan. Apalagi kawasan ini mulai sering diguyur hujan. Tetap waspada dan jangan ngebut di jalanan. Kalau ngantuk berhenti, jangan dipaksakan, karena akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas," tutupnya.***