SIAK SRI INDRAPURA - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan ATM Beras kedua di Masjid Abdul Jalil Mujafarsyah, Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau, usai salat subuh berjamaah, Kamis  (17/1/2019).

Ketua BAZNas Siak, M Abdul Rasyid Suhato mengatakan, ATM Beras ini kerjasama Baznas dengan Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Siak. Adanya ATM Beras di Kecamatan Mempura ini, agar penerima zakat beras tidak perlu bersusah payah menjemput ke Kantor Baznas Siak.

"Pemegang kartu cukup datang ke mesin ATM Beras yang ada di Masjid Alfattah dan Masjid Abdul Jalil Mujafarsyah. ATM Beras ini akan diaktifkan seusai salat subuh berjamaah dengan waktu sekitar setengah jam setiap harinya," kata Abdul Rasyid.

Nantinya, pengurus masjid melakukan kontrol dan pengisian beras setiap saat, supaya beras senantiasa ada di mesin ATM tersebut.

Ads
Bupati Siak, Syamsuar mengatakan kepada GoRiau.com usai meresmikan ATM Beras kedua, bahwa kegiatan ini untuk mengajak masyarakat salat subuh berjamaah di masjid. Untuk itu, pengambilan beras di ATM usai pelaksanaan salat subuh dan ditutup sekitar pukul 06.00 WIB.

"Ini merupakan bukti nyata tentang faedah gerakan salat subuh berjamaah. Selaku pemimpin, kami ingin berikhtiar dengan gerakan salat subuh bersama dan gerakan ekonomi syariah," ungkap Syamsuar.

Potensi yang ada di Riau ini belum begitu nampak, sambung Syamsuar. Dimana kedepannya Syamsuar yang juga Gubernur Riau Terpikih berikhtiar memanfaatkan potensi untuk kepentingan daerah. Dirinya ingin, perekonomian daerah bisa lebih baik.

"Saya berazam untuk Riau ini adalah memperbaiki Negeri Lancang Kuning ini lebih baik lagi. Kenapa begitu, karena tanggung jawab sebagai pemimpin itu berat," katanya lagi.

Masih dikatakannya, dengan adanya ATM Beras ini bertujuan agar para kaum dhuafa di Negeri Istana ini semakin taat beribadah kepada Allah SWT. Kesempatan ini agar bisa secara bersama-sama memakmurkan masjid yang ada di kampung-kampung.

"Tampak antusias dari pejabat dan masyarakat untuk bersedekah melalui mesin tersebut," ujarnya.

Turut hadir dalam peluncuran ATM Beras kedua, Wakil Bupati Siak Alfedri, Sekda Siak Tengku Said Hamzah, Waka Polres Siak Kompol Hariri, Asisten I, Kepala Kantor Agama Siak, Camat Mempura, dan tokoh agama. ***