RENGAT - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Rezita Meylani Yopi menyarankan agar warga binaan Rutan Kelas IIB Rengat selalu diberikan pelatihan keterampilan. Sehingga, ketika mereka bebas, para narapidana tersebut sudah memiliki keterampilan dan bisa membuka usaha secara mandiri.

Hal itu disampaikan Rezita kepada Kepala Rutan Kelas IIB Rengat, R Simanullang, Jumat (1/9/2021) lalu. Pada kesempatan ini, Rezita bersama Asisten III Setdakab Inhu, Erlina Wahyuningsih menyambut kunjungan Kepala Rutan Kelas IIB Rengat.

"Pelatihan keterampilan perlu dilakukan secara terus-menerus, sehingga masa tahanan yang dilalui warga binaan diisi dengan kegiatan positif," ujar Rezita.

"Dan ketika masa tahanan selesai, mereka dapat memanfaatkan keterampilan itu untuk meningkatkan perekonomian," tambah Rezita. Tentunya, Rezita berharap, warga binaan tidak kembali melakukan kejahatan, jika sudah keluar.

Sementara itu, R Simanullang menyampaikan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh warga binaan. Tentunya, ada pelatihan keterampilan. Kemudian, saat ini para warga binaan sudah mendapatkan vaksin dosis satu.

"Vaksin dosis pertama untuk petugas dan warga binaan, sudah selesai. Kita sedang menunggu vaksin dosis kedua," kata R Simanullang kepada Bupati Inhu.

Simanullang juga memaparkan kondisi fisik dari Rutan Kelas IIB Rengat ke Bupati Inhu. Ia menyatakan, kunjungan ini dalam rangka meningkatkan sinergitas antara Rutan dan Pemkab Inhu.***