JAKARTA – Bupati Bengkalis Kasmarni menghadiri dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/ 2022).

Terdapat tiga poin dalam pengarahan Presiden Joko Widodo, di antaranya mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia dan pembahasan mengenai pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Menanggapi instruksi tersebut, secara tegas Bupati Kasmarni mengatakan Kabupaten Bengkalis siap menjalankan arahan dan pesan dari orang nomor satu di RI itu. Tidak dipungkiri lajunya inflasi di daerah sedang marak-maraknya, oleh karenanya Bupati Kasmarni menyebut akan dilakukan penanggulangan jangka pendek, dengan digelarnya secara berkala operasi pasar.

"Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis sebelumnya juga rutin melakukan sidak, namun kali ini akan kita tingkatkan lagi," kata Kasmarni.

Selain itu, Bupati Kasmarni juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggelorakan aksi bangga buatan indonesia, yang mana merupakan salah satu strategi percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah pandemi Covid-19 melalui penggunaan produk dalam negeri yang diproduksi oleh UMKM.

Selain bagi masyarakat, Presiden Joko Widodo mengarahkan jajaran pemerintah daerah mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang dalam negeri melalui mekanisme pengadaan barang.

“Sebelumnya juga kita memang selalu menghimbau dan meminta seluruh lapisan masyarkat agar mencintai produk lokal. Bahkan hal itu telah kami terapkan dalam keseharian salah satu contohnya menggunakan batik yang itu merupakan hasil tangan pengrajin di Negeri Junjungan. Selain itu, Kabupaten Bengkalis juga memiliki Dekranasda yang aktif memperkenalkan produk-produk lokal," ulasnya.

Terkait menekan angka kemiskinan, Kanjeng Mas Tumenggung ini siap berupaya semaksimal mungkin menekan jumlah kemiskinan, khususnya di Kabupaten Bengkalis, Negeri Junjungan ini.

"Yang jelas, berbagai pesan dan amanat yang disampaikan Presiden Republik Indonesia, Kabupaten Bengkalis siap mewujudkannya," tegasnya.

“Dengan visi kita ingin mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa) maka kita optimis dan siap menyelaraskan berbagai pesan dan Visi-Misi Pemerintah Pusat ini dengan sebaik mungkin,” tutupnya.

Bupati Kasmarni duduk berdampingan dengan Bupati Siak Alfedri dan Walikota Dumai Paisal. Turut hadir Inspektur Daerah Bengkalis Radius Akima, Kepala Dinas Kominfotik Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko, Kadis Perkim Supardi, Kadis PUPR Ardiansyah, Kadis Parbudpora Edi Sakura, Kadis Kesehatan Ersan Saputra, Kadis Perhubungan Agus Sofyan, Kadis Sosial Martini dan Kadis Perindag Zulpan.

Selanjutnya, Kepala BPKAD Aready, Sekretaris Bappeda Firdaus, Direktur PDAM Jufrizal, Kabag Ekonomi Kahiri Fahrizal, Kabag Umum Kevin Rafizariandi dan Kabag Prokopim Syafrizal.***inf