SIAK - Bupati Siak Alfedri menginstruksikan seluruh camat di Kabupaten Siak menyediakan hand sanitizer di setiap kantor khususnya di area pelayanan publik. Ini bagian dari upaya pencegahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Siak, Riau.

Selain itu, kata Alfedri, camat juga harus bekerjasama dengan unsur pimpinan kecamatan (Upika) dan Puskesmas untuk melakukan sosialisasi dan antisipasi Virus Corona.

Instruksi tegas itu disampaikan Alfedri saat melakukan video conference dengan seluruh camat dari Siak Live Room Kantor Bupati Siak, Senin (23/3/2020) kemarin.

"Saya mengajak para camat untuk men-sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuat acara keramaian, atau imbauan social distancing dan larangan berkumpul," kata Alfedri.

Kemudian mantan guru agama ini juga menghimbau camat untuk bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 itu dengan cara social distance atau membatasi pergerakan masyarakat.

"Selain itu, pihak kecamatan juga harus melakukan penyemprotan di kantor maupun di rumah ibadah secara mandiri.

Alfedri juga sangat menyayangkan daftar orang dalam pemantauan (OPD) yang sudah tersebar di media sosial. Padahal, kata dia hal tersebut tidak boleh dipublikasikan sembarangan. Informasi data yang keluar harus melalui ketua gugus tugas saja.

"Kita berharap orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 56 orang, bisa melakukan isolasi mandiri. Camatnya harus melakukan pendekatan agar sementara waktu tidak boleh ke tempat-tempat umum," imbuh Bupati. ***