RENGAT, GORIAU.COM-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Yopi Arianto akan berangkat ketanah suci Mekah guna menunaikan ibadah haji pertamanya. Direncanakan keberangkatan Bupati Inhu itu pada bulan September mendatang, Bupati berangkat ke tanah suci bersama 205 orang jamaah calon haji (JCH) lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhu, Haji Abdul Kadir, Jum'at (30/8 mengatakan, Bupati Inhu Yopi Arianto menjadi salah satu Jamaah Calon Haji yang berangkat ke tanah suci pada tahun 2013 ini. "Dari 206 orang jamaah yang akan berangkat menunaikan ibadah haji. Di Inhu, salah satunya Bupati Inhu Yopi Arianto," kata Abdul Kadir.

Disebukannya, meski Bupati Inhu menjadi salah satu calon jemaah haji, namun Kemenag Inhu tidak akan membeda-bedakan pelayanan kepada seluruh jemaah calon haji lainnya, baik yang berangkat itu pejabat maupun masyarakat umum.

Dikatakan Abdul Kadir, tahun 2013 ini jemaah calon haji dari Kabupaten Inhu tidak lagi berangkat dari Bandara Japura, di Kecamatan Lirik, seperti musim haji sebelumnya.

Menurutnya, para jemaah calon haji berangkat menggunakan jalur darat dari Kabupaten Inhu menuju kota Pekanbaru. "Para jemaah dijadwalkan berangkat dari Rengat menuju Asrama Haji Pekanbaru, pada hari Senin (19/9/2013). Keesokan harinya, jemaah Inhu bertolak dari Bandara Sulthan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menuju embarkasi Batam. Jamaah diberangkatkan pada kloter 12 menuju ke Madinah, pada hari Rabu (21/9/2013)," terangnya.

Ditambahkan Kakan Kemenag itu, bahwa keberangkatan 206 orang calon jemaah haji asal Inhu akan didampingi 1 orang Pejabat Pengelola Haji Daerah (PPHD) dan 1 orang dari Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), tandaasnya.(jef)